Modul Ajar dengan Simulasi PhET sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Struktur Atom

Authors

  • Alimathus Sa’diyah Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Kota Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul ajar yang telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi struktur atom. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, sedangkan desain uji coba yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar respon peserta didik, lembar motivasi belajar dan lembar pretest-posttest. Analisis data yang digunakan menggunakan uji validitas, analisis persentase kepraktisan dan persentase keefektifan. Hasil penelitian ini persentase kepraktisan sebesar 82,3% sehingga dapat dikatakan modul ajar dibuat praktis untuk digunakan. Kemudian persentase efektivitas motivasi belajar sebelum perlakuan diperoleh hasil sebesar 50,6% dan setelah diberikan perlakuan sebesar 85,7%. Berdasarkan persentase tersebut maka dapat dikatakan bahwa modul ajar yang dibuat dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. sedangkan untuk hasil belajar peserta didik diperoleh skor N-Gain sebesar 0,71 yang berarti modul ajar berada pada kategori tinggi. Penelitian ini menghasilkan sebuah modul ajar dengan simulasi PhET yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Published

2023-11-29