Gamifikasi Dalam Pembelajaran Kimia Pada Implementasi Kurikulum Merdeka
Keywords:
gamifikasi, pembelajaran kimia, kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak gamifikasi pada pembelajaran kimia ketika dilakukan implementasi kurikulum merdeka. Penelitian dilakukanĀ pembelajaran kimia dengan menggunakan 4 (empat) permainan sebagai media pembelajaran pada kelas dan topik kimia yang berbeda, permainan dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik SMA Swasta dan Negeri di Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo pada tahun 2019, 2020, dan 2021. Sebelum pembelajaran dilakukan tes awal kemampuan peserta didik, selama pembelajaran dilakukan pengamatan kegiatan pembelajaran, dan setelah pembelajaran dilakukan tes akhir kemampuanĀ peserta didik, serta angket kepada peserta didik. Data yang diperoleh berupa kompetensi hasil belajar dianalisis dengan menentukan ketuntasan hasil belajar, hasil observasi aktivitas pembelajaran dihitung prosentase aktivitas belajar peserta didik, dan hasil angket dihitung dengan prosentasi setiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi dalam pembelajaran kimia dapat mencapai ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik lebih cenderung berpusat pada peserta didik, serta peserta didik termotivasi belajar, meningkat keingintahuan, meningkatkan self-efficacy peserta didik, meningkatkan kebahagiaan peserta didik. Maka gamifikasi dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran kimia ketika melakukan implementasi kurikulum merdeka.