Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Problem Base Learning dengan Metode Praktikum Materi Kelarutan dan Hasil kali Kelarutan kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Pekanbaru
Keywords:
Keterampilan proses sains, Aktivitas Siswa, Problem Base Learning, Kelarutan dan Hasil Kali KelarutanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dilakukan dalam dua siklus yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik dan aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 36 orang. Data diperoleh melalui hasil observasi dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata persentase hasil tes keterampilan proses sains siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pra tindakan 18 %, siklus 1 sebesar 58,6 % , siklus II sebesar 82,3 %. Rata-rata indikator aktivitas belajar siswa dari siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dari 57,5 % menjadi 90 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan model Problem Base Learning dengan Metode Praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa.