Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Problem Base Learning dengan Metode Praktikum Materi Kelarutan dan Hasil kali Kelarutan kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Pekanbaru

Authors

  • Bintarti Jurusan Pendidikan Kimia, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Gelombang 1 2022, Universitas Riau, Jl. Bina Widya KM 12,5 Simpang Baru Panam, Kota Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Keterampilan proses sains, Aktivitas Siswa, Problem Base Learning, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dilakukan dalam dua siklus yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik dan aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 36 orang. Data diperoleh melalui hasil observasi dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata persentase hasil tes keterampilan proses sains siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pra tindakan 18 %, siklus 1 sebesar  58,6 % , siklus II sebesar  82,3 %.  Rata-rata indikator aktivitas belajar siswa  dari siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dari 57,5 % menjadi  90 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan model Problem Base Learning  dengan Metode Praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa.

Downloads

Published

2023-11-01