Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Terintegrasi Nilai Islam Berbasis Lectora Inspire

Authors

  • M. Andre Bintang Kurniawan Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Kota Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran Kimia, Lectora Inspire, Terintegrasi Nilai Islam

Abstract

Media Pembelajaran Memiliki Peranan Penting dalam proses pembelajaran sehingga diperlukannya inovasi media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran kimia terintegrasi nilai islam berbasis Lectora Inspire yang valid berdasarkan validitas ahli materi, ahli media, uji praktikalitas guru dan respon peserta didik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4-D, terdiri atas tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate yang dibatasi sampai tahap Develop. Penelitian  dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Pekanbaru. Subjek Penelitian yaitu ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik. Adapun objek penelitian adalah media pembelajaran kimia terintegrasi nilai Islam berbasis Lectora Inspire. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 92,50 % dengan kriteria sangat valid, ahli media diperoleh persentase sebesar 92,50 % dengan kriteria sangat valid dan ahli integrasi Islam diperoleh persentase sebesar 90,00% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru mata pelajaran kimia diperoleh persentase sebesar 95.33 % dengan kriteria sangat praktis, dan hasil uji respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 87,29 % dengan kriteria sangat menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia terintegrasi nilai Islam berbasis Lectora Inspire  layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran disekolah.

Downloads

Published

2023-11-01