Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnosains Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik
Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan sains dalam menjelaskan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan bukti ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis etnosains inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA PGRI 6 Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan skor validitas 96,45%, sangat praktis dengan skor kepraktisan 88,24%, dan cukup efektif dengan skor efektivitas 75%. Pembelajaran menggunakan E-LKPD yang dikembangkan meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi larutan penyangga yang ditunjukkan dengan nilai N-gain pada kategori tinggi yaitu 0,75.