Pengembangan LKPD Scientific Critical Creative Thinking Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Stoikiometri
Keywords:
LKPD, SCCrT, Berpikir Kritis dan kreatifAbstract
Keterampilan berpikir kritis dan kreatif sangat diperlukan bagi peserta didik yang merupakan tugas pendidik agar dapat melatih peserta didik dalam memecahkan masalah baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan mengembangkan LKPD berbais Scientific Critical Creative Thinking yang praktis, efektif dan valid. Pengembangan LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 2 MAN 1 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan skor validitas 89,95%, sangat praktis dengan skor kepraktisan 87,6%, dan sangat efektif dengan skor keefektifan 83%. Pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan  meningkatkan berpikir kritis dan kreatif pada nilai pre-test 21,79% dan nilai post-test 87,09 %, dan mendapatkkan kategori N-Gain tinggi sebesar 0,83.