PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI OPTIK

Authors

  • Julkifri Hasugian Hasugian STKIP Surya
  • Murni STKIP Surya
  • Franky A.M. Lumbantobing

Keywords:

conceptual understanding, problem solving, problem based learning

Abstract

The success of learning carried out in the classroom depends on and is greatly influenced by the abilities of each student. Low student abilities such as problem solving and conceptual understanding are two things that need to be considered during learning in the classroom. Therefore, the solution offered to improve problem solving and conceptual understanding is to use the PBL model. The objectives of this study are (a) to improve problem solving skills, (b) to improve conceptual understanding skills, (c) to obtain differences in the increase in problem solving skills between the experimental class and the control class, and (d) to obtain differences in the increase in conceptual understanding skills between the experimental class and the control class. This research method is a quasi-experimental type with a Nonequivalent Control Group Design. The samples used in this study were class VIII-1 and class VIII-3 at one of the State Junior High Schools in Tangerang in the even semester of the 2023/2024 academic year. The instruments used were multiple choice questions and essays. Based on the results of the research data analysis, it was found that the implementation of PBL on optics material showed that: (a) the PBL model can improve problem-solving skills, (b) the PBL model can improve conceptual understanding skills, (c) there is a difference in the improvement of problem-solving skills between the experimental class and the control class, and (d) there is a difference in the improvement of conceptual understanding skills between the experimental class and the control class.

References

Baiq Henny Helyandari, dkk,. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik MA Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 2020: 12.

Budi M, Hapizah,. “Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika III (November 2018): 108.

Cut Eka Parasamya, dkk,. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2017: 42-49.

Dudeliany J.A, dkk,. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai LKS Berbasis Multipresentasi Pada Pembelajaran IPA-Fisika di SMP.” Jurnal Pendidikan Fisika 3 (Desember 2014): 254-259.

Enok Noni Masrinah, dkk. “Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.” Jurnal Pendidikan, Agustus 2019: 925-926.

Fajri Yanti, dkk. “Penerapan Problem Based Learning Melalui Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Energi Mekanik di SMA.” Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran, 2019: 36-37.

Hermansyah,. “Problem Based Learning in Indonesia Learning.” Jurnal Pendidikan, November 2020: 2258-2259.

Husnul Hotimah,. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi VII (2020): 7.

Indah Putri Aprilianti, dkk,. “Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan, 2023: 9-10.

Israfiddin, dkk,. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Di SMP Negeri 2 Delima.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2019: 43-51.

Jamil Suprihatiningrum,. “Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.” Disunting oleh AR-RUZZ MEDIA. 2013: 220-221.

Prof. Yohannes Surya, Ph.D,. Seri Bahan Persiapan Olimpiade Fisika OPTIKA. Tangerang: PT Kaandel, 2009.

Ratna Dwi Rahayu, dkk,. “Minat dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran berbasis problem based learning berbantuan video.” Jurnal Pendidikan IPA 4 (2020): 6-7.

Retno Indah Kusumawati, dkk. “Model PBL Dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif.” Jurnal of Science, 2024: 41-42.

Setyosari dkk,. “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas.” Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 2019: 24.

Siregar, S. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. 2019.

—. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. 2019.

Sri Ayu Lestari, dkk,. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai PhET Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika di SMA Pokok Bahasan Suhu dan Kalor.” Jurnal Pendidikan, 2022: 34-40.

Suci Zakiah Dewi, dkk,. “Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2019: 130-136.

Sugiyono, D. Statistika Untuk Penelitian. 2014.

Sundayana, R. Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut, 2014.

—. Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut, 2016.

Sundayana, Rostina. Bandung: ALFABETA, 2016.

—. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, 2016.

Supardi. “Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotor: Konsep aplikasi.” Disunting oleh PT RajaGrafindo Persada. Buku, 2015: 152.

Supardi. “Populasi dan Sampel Penelitian.” UNISA, 1993: 17

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

[1]
J. H. Hasugian, Murni, and Franky A.M. Lumbantobing, “PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI OPTIK”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, Sep. 2025.