EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) PADA P5 BATIK SHIBORI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA

Authors

  • Salsabila As Sa'adah Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

STEAM, Pemahaman Konsep IPA, P5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap pemahaman konsep siswa terkait materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan topik Batik Shibori di SMPN 35 Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan rancangan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas VIII, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran STEAM dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai (thitung > ttabel) yaitu 7,925 > 1,697 dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan H0 ditolak, daan H1 diterima serta terdapat perbedaan rata-rata hasil posttest yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Penggunaan model STEAM terbukti efektif dalam mengaitkan konsep IPA dengan praktik pembuatan Batik Shibori, sehingga membantu siswa memahami dan mengaplikasikan materi IPA secara lebih mendalam. Penelitian ini mendukung penerapan STEAM dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui integrasi berbagai disiplin ilmu dalam konteks praktis dan kreatif.

References

[1] R. Vhalery, A. M. Setyastanto, and A. W. Leksono, “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur,” Res. Dev. J. Educ., vol. 8, no. 1, p. 185, 2022, doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718.

[2] S. F. N. Fitri, “Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1617–1620, 2021.

[3] F. Z. Nugraheny Devita Cahyani, Zezen Syukrilah, Febriana Haliza, “View of Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama_,” 2023.

[4] E. Simatupang and I. Yuhertiana, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur,” J. Bisnis, Manajemen, dan Ekon., vol. 2, no. 2, pp. 30–38, 2021, doi: 10.47747/jbme.v2i2.230.

[5] D. E. Pratiwi and N. Agustin, Pembelajaran Tematik Di SD/MI. 2022.

[6] A. R. Agusta, E. Yunita, and R. Pratiwi, Pembelajaran Tematik.

[7] R. S. P. A. K. S. W. T. Y. Harjatanaya, Projek Penguatan P5-PPRA. 2022. [Online]. Available: https://www.scribd.com/embeds/660063321/content?start_page=1&view_mode=sgulung&access_key=key-fFexxf7MbzEfWu3HKwf

[8] A. Fauzi, “Implementasi kurikulum Merdeka di sekolah penggerak (Studi kasus pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar),” J. Pahlawan, vol. 18, no. 2, pp. 18–22, 2022, [Online]. Available: https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/

[9] Si. Maziyah, S. Indrahti, and A. Alamsyah, “Implementasi Shibori Di Indonesia,” Kiryoku, vol. 3, no. 4, p. 214, 2019, doi: 10.14710/kiryoku.v3i4.214-220.

[10] N. Nofisulastri, M. Sarifuddin, S. R. Adawiyah, and I. K. Wardani, “Membatik Shibori Bersama Siswi Kelas XI IPA MA Annajah,” Lumbung Inov. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2, p. 40, 2020, doi: 10.36312/linov.v5i2.464.

[11] P. Hulu, A. O. Harefa, and R. N. Mendrofa, “Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” Educ. J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 152–159, 2023, doi: 10.56248/educativo.v2i1.97.

[12] Y. S. Novanto, R. Anitra, and F. Wulandari, “Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, p. 205, 2021, doi: 10.31764/orbita.v7i1.4665.

[13] R. Jannah, M. Taufiq, and R. Rahma, “Pengaruh Penerapan Pendekatan Steam Pada Materi Fluida Statis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 73–77, 2022, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1369

[14] M. N. Kamaliah and Y. D. Haryanti, “Studi Literatur : Pengaruh Model Multiliterasi Investigasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ips,” Semin. Nas. Pendidik., pp. 216–221, 2020.

[15] R. Radiusman, “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 6, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24853/fbc.6.1.1-8.

[16] A. D. Y. Rara Dewi and M. R. Kristiantari, “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA,” Mimb. Ilmu, vol. 25, no. 1, p. 75, 2020, doi: 10.23887/mi.v25i1.24479.

[17] A. M. ardiyansyah, M, “PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS (STEAM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR,” pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

[18] I. H. Mu’minah and Y.- Suryaningsih, “Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21,” BIO Educ. (The J. Sci. Biol. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 65–73, 2020, doi: 10.31949/be.v5i1.2105.

[19] N. R. Nurwulan, “Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3,” J. Madaniya, vol. 1, no. 3, pp. 140–146, 2020.

[20] W. K. Mubarok, U. N. Surabaya, S. Anugrah, and U. N. Surabaya, “ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY MELALUI PENDEKATAN STEAM GUNA MENINGKATKAN”.

[21] P. Nirmalasari, A. Ekayanti, and M. Ponorogo, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATH) UNTUK PENGUATAN LITERASI-NUMERASI SISWA,” pp. 1–11, 2021.

[22] J. Setyawan, F. Roshayanti, and M. Novita, “Model pembelajaran RADEC berbasis STEAM pada materi sistem koloid mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa,” Pract. Sci. Teach. J. J. Prakt. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 18–26, 2023, doi: 10.58362/hafecspost.v2i1.29.

[23] S. D. Istigfara et al., “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ( SCIENCE , TECHNOLOGY , STEAM ENGINEERING , ART AND MATHEMATIC ) PADA P5 BATIK SHIBORI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP,” no. xxx, pp. 1–9, 2023.

[24] N. Nur and M. S. Nugraha, “Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi,” Bhs. dan Mat., vol. 1, no. 5, pp. 73–93, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158

[25] P. Anik, “Penerapan Pendekatan STEAM Pada Materi Struktur Atom Terhadap Pemahaman Konsep Kimia,” Sinasis, vol. 1, no. 1, pp. 258–261, 2020.

[26] V. A. Oktaviani, D. Lyesmaya, and L. H. Maula, “Meningkatkan pemahaman konsep matematika menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics),” J. Kaji. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, p. 142, 2020, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3677

[27] J. Jelita and M. Mazlan, “The Effectiveness of the Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics, and Religious (STEAM.R) Approach on Students’ Concept Understanding in Science Learning : An Analysis Based on Gender,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 9, no. 3, p. 1040, 2023, doi: 10.33394/jk.v9i3.8303.

[28] A. M. ardiyansyah, M, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP ASPEK EKSTRAPOLASI PADA HOME SCIENCE EXPERIMENT UJI LEMAK TERINTEGRASI STEAM MATA KULIAH BIOKIMIA. 2023. [Online]. Available: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

[29] Kartikasari, Herlina Usman, Resi Ratna Suminar, and Nuryani, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Steam Di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 2, no. 3, pp. 337–348, 2022, doi: 10.55606/jurdikbud.v2i3.731.

[30] N. S. A. Mariyana and H. Usman, “Pengembangan Bahan Ajar IPA melalui Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Adi Widya Pasraman,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 4, pp. 888–895, 2023, doi: 10.37329/cetta.v6i4.2833.

[31] Z. Iffiani, Chaerunnisa, Y. Surudin, Rosdianto, Ngabidin, and Ika Kartika, “Pengembangan Kurikulum Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Berfikir Kritis,” Reslaj Relig. Educ. Soc. Laa Roiba J., vol. 6, no. 4, pp. 2103–2116, 2024, doi: 10.47467/reslaj.v6i4.1217.

[32] C. Chusna and Y. Yoto, “Penerapan Model PBL Hybrid dan PBL berbasis STEAM terhadap Pemahaman Konsep Dasar-Dasar Listrik Siswa SMK Teknik Instalasi Tenaga Listrik,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 6, pp. 2542–2548, 2023, doi: 10.31004/edukatif.v5i6.5715.

[33] N. Saida, “PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI AUD PADA PEMBELAJARAN BERBASIS”.

[34] E. Zuleni and R. Marfilinda, “Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa,” Educ. J. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 244–250, 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i1.34.

[35] E. M. Pratiwi, G. Gunawan, and I. Ermiana, “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 381–386, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i2.466.

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

[1]
Salsabila As Sa’adah, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) PADA P5 BATIK SHIBORI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA ”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, Sep. 2025.