ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PRAKTIKUM

-

Authors

  • Rinda Angghita Putri STKIP Surya
  • Nelly Simamora STKIP Surya

Keywords:

pembelajaran kimia, praktikum, keterampilan proses sains, indikator

Abstract

Pembelajaran kimia di kelas diharapkan mampu mengembangkan keterampilan siswa. Oleh karena itu, hasil belajar dalam pembelajaran kimia tidak hanya terbatas pada penilaian kognitif saja, tetapi harus memperhatikan aspek afektif dan psikomotorik. Ketiga aspek penilaian tersebut dapat terukur dari pembelajaran melalui kegiatan pembelajaran berbasis praktikum dan menekankan pada pencapaian keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa dalam pembelajaran kimia berbasis praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif dan menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan keterampilan proses sains siswa. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 17 Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara dengan guru mata pelajaran kimia dan observasi terstruktur di kelas, yaitu observasi yang dirancang secara sistematis dimana semua aktivitas obeserver dan objek pengamatan observer telah ditetapkan dan dibatasi dengan jelas dan tegas. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan perolehan skor keterampilan proses sains siswa ke dalam kategori pencapaiannya. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa belum muncul secara optimal, dengan skor rata-rata indikator mengamati sebesar 2,8; skor rata-rata indikator mengklasifikasikan sebesar 2,1; skor rata-rata indikator menafsirkan sebesar 2,3; skor rata-rata indikator meramalkan sebesar 2,3; skor rata-rata indikator mengajukan pertanyaan sebesar 2,3; skor rata-rata merumuskan hipotesis sebesar 2,2; skor rata-rata indikator merencanakan percobaan sebesar 2,1; skor rata-rata indikator menggunakan alat dan bahan sebesar 2,3; skor rata-rata indikator menerapkan konsep sebesar 2,2 dan skor rata-rata indikator berkomunikasi sebesar 1,7. Hal ini didukung hasil wawancara dengan salah satu guru kimia Kelas XI di SMAN 17 Tangerangyang menyatakan bahwa kegiatan praktikum pada pembelajaran kimia tidak rutin dilakukan karena keterbatasan alat, bahan serta ruangan laboratorium. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa dalam pembelajaran kimia berbasis praktikum masih tergolong rendah.

References

Alimuddin, M. R., Samputri, S., & Saenab, S. (2022). Pengaruh Kegiatan Praktikum Terhadap Kemampuan Prosedural Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 24 Makassar. Inovasi Pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka, 115–126.

Ariani, M., & Hamid, A. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Dengan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Banjarmasin. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 98–107. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/3242/2799

Chen, D., Fitriani, R., Maryani, S., Setiya Rini, E. F., Putri, W. A., & Ramadhanti, A. (2020). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Kelas VIII Pada Materi Cermin Cekung. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 50–55. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.50-55

Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi , 1(2), 123–134. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Hasnawati, Marning, R., & Rusli, M. A. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Deklaratif Dan Pengetahuan Prosedural Dengan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII Terakreditas A Di Kota Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 36–51

Sinta, T., Aisyara, N., Haryani, S., & Prihandono, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pembelajaran Kimia Model PJBL Berbantuan LKPD. Chemistry in Education, 9(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

[1]
R. Angghita Putri and N. Simamora, “ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PRAKTIKUM: -”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, Sep. 2025.