Analysis of Junior High School Students' Science Process Skills on Vibration Material

Authors

  • Dina Sephiana Universitas Negeri Surabaya
  • Tutut Nurita

Keywords:

Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran IPA, Materi Getaran

Abstract

Pendidikan di abad ke-21 memerlukan generasi muda yang mampu menghadapi tantangan kemajuan teknologi dan informasi. Pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered) dalam Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21, termasuk keterampilan proses sains yang esensial dalam pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains peserta didik SMP pada materi getaran, dengan fokus pada keterampilan terintegrasi seperti berhipotesis, mendefinisikan dan mengontrol variabel, memprediksi, dan menyimpulkan. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, melibatkan 30 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui wawancara dan tes pilihan ganda yang diadaptasi dari instrumen sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains peserta didik berada dalam kategori rendah dengan persentase 24,22%. Keterampilan menyimpulkan tergolong cukup (43,75%), sementara keterampilan berhipotesis (25%), memprediksi (21,88%), dan mendefinisikan dan mengontrol variabel (6,25%) berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Penelitian ini menunjukkan perlunya peningkatan kegiatan praktikum dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses sains yang lebih baik, sehingga peserta didik dapat lebih aktif dan kritis dalam memahami materi getaran

References

[1] Prastiwi, “Profil Kemampuan Kognitif Siswa SMP Berkemampuan Matematika Tinggi pada Materi Luas Gabungan Berdasarkan Domain TIMSS,” Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), vol. 8, no. 1, p. 47, 2022, doi: 10.33474/jpm.v8i1.14066.

[2] Mardhiyah, et al, “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” vol. 71, no. 1, pp. 63–71, 2021.

[3] Selamat, “Keterampilan Abad Ke-21 Pada Pembelajaran Sains Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, vol. 11, no. 2, pp. 14–21, 2023, doi: 10.23887/jppii.v11i2.60895.

[4] Nursalam, S. Sulaeman, and R. Latuapo, “Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 8, no. 1, pp. 17–34, 2023, doi: 10.24832/jpnk.v8i1.3769.

[5] Ghaida, Z. Zainuddin, and A. S. M, “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Menggunakan Model POGIL dengan Strategi ARCS untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 2, p. 138, 2021, doi: 10.20527/jipf.v5i2.3292.

[6] Fitriana, Y. Kurniawati, and L. Utami, “Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory,” JTK (Jurnal Tadris Kimiya), vol. 4, no. 2, pp. 226–236, 2019, doi: 10.15575/jtk.v4i2.5669.

[7] Firdausi, “Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum Mata Pelajaran IPA Pada Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Negeri 1 Bandar Lampung,” Kaos GL Dergisi, vol. 8, no. 75, pp. 147–154, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0

[8] Rahmawati, “Peran Predict Observe Explain Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Materi Perubahan Benda,” (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia), 2019.

[9] OECD, Equity in education in PISA 2022, vol. 1. 2023. [Online]. Available: https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en

[10] Nurlaili, M. L. Ilhamdi, and F. P. Astria, “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 1 Sukarara Pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 1690–1698, 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i3.1554.

[11] Yunita and T. Nurita, “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Daring,” vol. 9, no. 3, pp. 378–385, 2021.

[12] Permatasari and T. Nurita, “Peningkatan Science Process Skill Siswa Melalui Model Experiental,” Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, vol. 11, no. 3, pp. 226–231, 2023.

[13] Riduwan, “Skala Pengukuran Variabel2 Penelitian Dr. Riduwan.pdf,” 2013.

[14] Utama, “Pengaruh Model pembelajaran POE (Predict, observe, Explain) terhadap keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Getaran Harmonis,” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 45–52, 2019.

[15] Mardhiyana and E. O. W. Sejati, “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 672–688, 2016.

[16] Yusuf, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Pengukuran Terhadap Dampak Pembelajaran Berbasis Masalah). 2020.

[17] Mulia and S. Murni, “Implikasi Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Kemajuan Kognitif Siswa,” Science Education Research (Search) Journal, pp. 1–11, 2022.

[18] Basri, H., “Cognitive Ability In Improving The Effectiveness Of Social Learning For Elementary School Students,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 18, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/11054

[19] Musliman and F. Damayanti, “‘ Avicom ’ Lomba Kreativitas Sains : Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Kompetensi Mengamati Melakukan Percobaan dan Komunikasi,” Jurnal Pendidikan, pp. 173–180, 2022,[Online].Available:https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/1351/863

[20] Suadah, A. Ulva, A. A. P, and N. Aufia, “Peran Praktikum dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Siswa Madrasah Aliyah Putri Al- Ishlahuddiny,” Matluba, vol. 1, no. 01, pp. 291–308, 2024.

[21] Arumingtyas, K. Kartono, and R. Riyadi, “Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar,” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 78–87, 2019.

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

[1]
Dina Sephiana and T. Nurita, “Analysis of Junior High School Students’ Science Process Skills on Vibration Material”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, Sep. 2025.