Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA pada Materi Getaran dan Gelombang
Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran IPA, Getaran, GelombangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran IPA pada materi getaran dan gelombang di UPT SMPN 17 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa kelas VIII UPT SMPN 17 Gresik. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes keterampilan proses sains. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan merumuskan masalah memperoleh skor 22,62% (kategori sangat rendah), mengidentifikasi variabel 28,57% (kategori rendah), menginterpretasi data 41,67% (kategori sedang), membuat hipotesis 23,81% (kategori sangat rendah), dan menyimpulkan 30,95% (kategori rendah). Rata-rata keterampilan proses sains siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 29,52%. Kesimpulannya, indikator dengan skor tertinggi adalah kemampuan menginterpretasi data, sedangkan indikator dengan skor terendah adalah kemampuan merumuskan masalah.
References
[1] D. Harefa and M. Sarumaha, Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. PM Publisher, 2020.
[2] S. Windyariani, Pembelajaran Berbasis Konteks Dan Kreativitas: (Strategi Untuk Membelajarkan Sains di Abad 21. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
[3] H. Siswono, “Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa,” Momentum Phys. Educ. J., vol. 1, no. 2, p. 83, 2017, doi: 10.21067/mpej.v1i2.1967.
[4] A. Rahman, Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Penerbit NEM, 2022.
[5] E. L. Chiappetta and T. R. Koballa, Science Instruction in the Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skills, 6th Edition. Pearson College Div, 2006.
[6] H. J. Funk, R. L. Fiel, J. R. Okey, H. H. Jaus, and C. S. Sprague, Learning Science Process Skills. Kendall Hunt Publishing, 1985.
[7] K. Pearson, The Grammar of Science, 3th edition. London: Adam & Charles Black, 1911.
[8] S. K. Afsas, Sutikno, and Fianti, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP,” J. Educ., vol. 06, no. 01, pp. 8913–8926, 2023.
[9] Y. Suryaningsih, “Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi,” BIO Educ. J. Sci. Biol. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 49–57, 2017.
[10] W. A. Putri, “Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, pp. 3361–3368, 2022.
[11] Sari, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Smk Pada Materi Bakteri,” Sinau J. Ilmu Pendidik. dan Hum., vol. 5, no. 2, pp. 60–77, 2019.
[12] N. Af’idayani, I. Setiadi, and F. Fahmi, “The Effect of Inquiry Model on Science Process Skills and Learning Outcome,” Eur. J. Educ. Stud., vol. 4, no. 12, pp. 177–182, 2018, doi: 10.5281/zenodo.1344846.
[13] M. D. Lelamula, M. Sasinggala, and M. Paat, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP,” SCIENING Sci. Learn. J., vol. 3, no. 1, pp. 22–27, 2022, doi: 10.53682/slj.v3i1.1294.
[14] M. A. Choirunnisa’, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang,” Skripsi, Universitas Negeri Surabaya, 2023.
[15] R. S. Subeki, D. Astriani, and A. Qosyim, “Media Simulasi PhET Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Getaran dan Gelombang terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik,” Pensa e-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 10, no. 1, pp. 75–80, 2022.
[16] A. A. Pratama, Sudirman, and N. Andriani, “Studi Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 1, no. 2, pp. 137–144, 2014, [Online]. Available: https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/145
[17] R. E. Ichwanah and T. Nurita, “Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Getaran dan Gelombang,” Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 6, no. 02, pp. 222–228, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23472
[18] I. Nurlaelah, A. Widodo, S. Redjeki, T. Rahman, and U. Kuningan, “Analisis Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik Pada Kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja Berbasis Riset Terintegrasi Keterampilan Proses Sains,” Quagga J. Pendidik. dan Biol., vol. 12, no. 2, pp. 194–201, 2020, doi: 10.25134/quagga.v12i2.2899.Received.
[19] H. K. Sari, “Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division,” Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 01, no. 1, pp. 15–22, 2016.
[20] A. Azizi and M. Rasyidi, “Efektivitas Dan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran IPA Di SDN 1 Aikmual Tahun 2019,” JUPE J. Pendidik. Mandala, vol. 4, no. 4, 2019.
[21] S. S. Handayani, Suciati, and Marjono, “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Bounded Inquiry Lab,” Bioedukasi, vol. 9, no. 2, pp. 49–54, 2016.
[22] N. Yunita and T. Nurita, “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Daring,” Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 9, no. 3, pp. 378–385, 2021.
[23] O. S. Agnesa and A. Rahmadana, “Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi,” JOTE J. Teach. Educ., vol. 3, no. 3, pp. 65–81, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4384
[24] N. R. Sangkala and L. M. Doorman, “The influence of inquiry-based learning on Indonesian students’ attitude towards science,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1321, no. 3, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1321/3/032123.
[25] L. Apriyani, I. Nurlaelah, and I. Setiawati, “Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa pada Materi Biologi,” QuaggaApriyani, L., Nurlaelah, I., Setiawati, I. (2017). Penerapan Model PBL untuk Meningkat. Keterampilan Berpikir Krit. Ditinjau Dari Kemamp. Akad. Siswa pada Mater. Biol. Quagga, 9(1), 41–54., vol. 9, no. 1, pp. 41–54, 2017.
[26] Wahyuni and Aryani, Teori Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.
[27] R. R. Munandar, S. Sutjihati, and A. M. Irpan, “Prediction of respiration rate of barangan banana using arrhenius model,” Pedago. J. Ilm. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 10–17, 2019.
[28] Kusumastuti, Nurhayati, Faisal, Rahayu, and Hartini, Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Lengkap Penulisan untuk Karya Ilmiah Terbaik. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
[29] N. A. Nurcahyono, “Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran,” Hexag. J. Ilmu dan Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, p. 20, 2023, doi: 10.33830/hexagon.v1i1.4924.
[30] N. Kusumawati, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. CV. AE Media Grafika, 2022.
[31] E. Liandari, P. Siahaan, I. Kaniawati, and I. Isnaini, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Merumuskan Dan Menguji Hipotesis Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dengan Metode Praktikum,” WaPFi (Wahana Pendidik. Fis., vol. 2, no. 1, pp. 50–55, 2017, doi: 10.17509/wapfi.v2i1.4904.
[32] P. Agustina and A. Saputra, “Analisis keterampilan proses sains (KPS) dasar mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah anatomi tumbuhan,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 7, pp. 381-388., 2016, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9816
[33] J. Nasrudin, Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku Ajar Praktis Cara Membuat Penelitian. PT. Panca Terra Firma, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kus Farida Salsabillah Marva, An Nuril Maulida Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.