RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN STIMULASI BERORIENTASI SOCIO SCIENTIFIC ISSUES DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI

Authors

  • Ainus Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Nurul Hidayati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

SSI, Discovery Learning, Respon, Pembelajaran IPA, Literasi Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran IPA dengan stimulasi discovery learning berorientasi Socio Scientific Issues (SSI) untuk meningkatkan literasi informasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain pre-experimential design. Subjek pada penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIII-A. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angketi respons peserta didik yang sudah tervalidasi oleh dua dosen ahli dalam bidang ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan metode observasi dan  survei. Hasil  dari  penelitian  menunjukkan bahwa  pembelajaran  terlaksana  dengan  sangat  baik  yang ditunjukkan  dengan  peningkatan penilaian instrumen dalam tiga kali pertemuan  dan  respons  siswa  terhadap  pembelajaran sangat bagus dengan hasil rata-rata sebesar 88%.

References

Dada, D., Laseinde, O. T., & Tartibu, L. (2022). Student-Centered Learning Tool for Cognitive Enhancement in the Learning Environment. Procedia Computer Science, 217, 507–512. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.246

Hidayat, A. T., & Hidayati, S. N. (2023). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Berbantuan Lkpd Berorientasi Socio-Scientific Issues. 11(3).

Hidayati, S. N., & Sabtiawan, W. B. (2023). Analysis of information literacy and argumentation skills by a prospective science teacher. Gibbons 2003, 373–379. https://doi.org/10.1201/9781003366683-46

Isnawati, I., Yuliawati, L., & Sukmana, E. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 3, 103–111.

Kominfo. (2021). Pacu Minat Baca Masyarakat, Kominfo Luncurkan Perpustakaan Digital "Ruang Buku". Siaran Pers: Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36686/siaran-pers-no-307hmkominfo082021-tentang-pacu-minat-baca-masyarakat-kominfo-luncurkan-perpustakaan-digital-ruang-buku/0/siaran_pers.

Laksono*, R. K. S., & Wibowo, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Socio-Scientific Issues untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 752–765. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.25719

Nurhadi, N. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific IssuesTerhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.02

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zul Hanifah, S., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

[1]
A. Salsabila and S. N. Hidayati, “RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN STIMULASI BERORIENTASI SOCIO SCIENTIFIC ISSUES DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, Sep. 2025.