RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN STIMULASI BERORIENTASI SOCIO SCIENTIFIC ISSUES DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI
Keywords:
SSI, Discovery Learning, Respon, Pembelajaran IPA, Literasi InformasiAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran IPA dengan stimulasi discovery learning berorientasi Socio Scientific Issues (SSI) untuk meningkatkan literasi informasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain pre-experimential design. Subjek pada penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIII-A. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angketi respons peserta didik yang sudah tervalidasi oleh dua dosen ahli dalam bidang ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan metode observasi dan survei. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana dengan sangat baik yang ditunjukkan dengan peningkatan penilaian instrumen dalam tiga kali pertemuan dan respons siswa terhadap pembelajaran sangat bagus dengan hasil rata-rata sebesar 88%.
References
Dada, D., Laseinde, O. T., & Tartibu, L. (2022). Student-Centered Learning Tool for Cognitive Enhancement in the Learning Environment. Procedia Computer Science, 217, 507–512. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.246
Hidayat, A. T., & Hidayati, S. N. (2023). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Berbantuan Lkpd Berorientasi Socio-Scientific Issues. 11(3).
Hidayati, S. N., & Sabtiawan, W. B. (2023). Analysis of information literacy and argumentation skills by a prospective science teacher. Gibbons 2003, 373–379. https://doi.org/10.1201/9781003366683-46
Isnawati, I., Yuliawati, L., & Sukmana, E. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 3, 103–111.
Kominfo. (2021). Pacu Minat Baca Masyarakat, Kominfo Luncurkan Perpustakaan Digital "Ruang Buku". Siaran Pers: Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36686/siaran-pers-no-307hmkominfo082021-tentang-pacu-minat-baca-masyarakat-kominfo-luncurkan-perpustakaan-digital-ruang-buku/0/siaran_pers.
Laksono*, R. K. S., & Wibowo, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Socio-Scientific Issues untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 752–765. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.25719
Nurhadi, N. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific IssuesTerhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.02
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zul Hanifah, S., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ainus Salsabila, Siti Nurul Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.