ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
Keywords:
Gelombang Bunyi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran IPAAbstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan untuk memecahkan suatu permasalahan menggunakan pengetahuan awal dalam memperoleh informasi, merencanakan dan melakukan solusi pemecahan masalah, serta mengevaluasi solusi yang telah diperoleh. Penelitian yang dilakukan menggunakan tes yang soalnya telah disesuaikan dengan emat indikator kemampuan pemecahan masalah yang ingin diuji. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Surabaya pada semeseter genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif, yang mana penjelasan secara deskriptif melalui pendekatan kuantitatifBerdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Surabaya pada materi gelombang bunyi termasuk dalam kategori sangat kurang, dengan rata-rata skornya adalah 43%. Kurangnya kemampuan ini akan menyebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan. Hal dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti strategi pembelajaran yang digunakan, pokok dan tingkat kesulitan materi, kemampuan awal siswa, serta juga dipengaruhi oleh keluarga siswa itu sendiri. Untuk itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, strategi ini dapat berupa variasi dalam menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran.
References
Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang mempengaruhi rasa ingin tahu dan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran ipa smp. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210-218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153
Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah model polya materi getaran, gelombang, dan bunyi siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38274
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).
Firmansyah, F., Sukarno, S., Kafrita, N., & Al Farisi, S. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 75-82. https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1447
Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549-1558.
OECD. (2022), PISA 2012 Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing. https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&treshold=10&topi c=PI
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824
Sari, Y., Rokhmat, J., & Hikmawati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kausalitik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peseta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(1). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v1i1.37
Taufik, A. (2020). Interaksi komunikasi dalam pendidikan. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2(2), 123-132.
Zahro, N. F. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Didactical Mathematics, 4(1), 148-155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anesia Anggun K

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.