Telaah Aplikasi Vlab Suhu dan Kalor sebagai Media Pembelajaran IPA
Keywords:
Aplikasi, Media, Vlab, Suhu, Kalor.Abstract
Revolusi Industri 4.0 menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan untuk berinovasi dan berkolaborasi. Salah satu inovasi yang signifikan adalah penggunaan media pembelajaran yang meningkatkan kemampuan siswa, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fisika sebagai salah satu cabang IPA memiliki aplikasi yang luas dalam kehidupan sehari-hari dan menuntut pemahaman yang mendalam terhadap konsep yang ada di dalamnya. Pembelajaran suhu dan kalor oleh siswa SMP tidak hanya memerlukan pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis melalui eksperimen. Untuk mendukung kegiatan eksperimen tersebut, diperlukan laboratorium yang lengkap. Solusi yang sedang dikembangkan adalah laboratorium virtual, seperti "Vlab Suhu & Kalor" yang dikembangkan oleh Qreatif.id. Aplikasi ini menawarkan simulasi interaktif untuk mempelajari suhu dan kalor secara praktis bagi siswa SMP kelas 7-8. Aplikasi ini mudah diakses dan dirancang dalam Bahasa Indonesia, sehingga cocok untuk siswa dan pemula. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang aplikasi Vlab Suhu & Kalor, termasuk petunjuk instalasi dan penggunaan, serta kelebihan dan kekurangannya. Dengan menggunakan pendekatan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan yang jelas tentang manfaat penerapannya dalam pembelajaran fisika.
References
[1] M. Yamin and S. Syahrir, “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran),” JIME, vol. 6, no. 1, Apr. 2020, doi: 10.36312/jime.v6i1.1121.
[2] N. Isnaeni and D. Hildayah, “Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa,” SLJIL, vol. 1, no. 5, pp. 148–156, Jul. 2020, doi: 10.46799/jst.v1i5.69.
[3] M. R. Alfarisy, R. Okra, Khairuddin, and S. Derta, “Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Menggunakan Kodular,” jati, vol. 7, no. 1, pp. 665–670, Mar. 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6456.
[4] Ismatunsarrah, I. Ridha, and I. Hadiya, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Peusangan,” JIPI, vol. 4, no. 1, pp. 70–80, Jun. 2020, doi: 10.24815/jipi.v4i1.14567.
[5] A. P. Ningsi, S. Purwaningsi, and Darmaji, “Pengembangan Penuntun Praktikum Elektronik Berbasiis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu dan Kalor untuk SMP/Mts,” Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, vol. 10, no. 1, May 2021, doi: 10.5281/ZENODO.4734431.
[6] E. Wati, R. D. Harahap, and I. Safitri, “Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar,” basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5994–6004, May 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.2953.
[7] Z. Fatimah, D. R. Rizaldi, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains,” GoeScienceEdu, vol. 1, no. 2, Dec. 2020, doi: 10.29303/goescienceedu.v1i2.45.
[8] F. Verdian, M. A. Jadid, and M. N. Rahmani, “Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika,” jpif. jurnal. pendidik. dan. ilmu. fisika, vol. 1, no. 2, p. 39, Dec. 2021, doi: 10.52434/jpif.v1i2.1448.
[9] D. S. Purnia, M. F. Adiwisastra, H. Muhajir, and D. Supriadi, “Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website,” Evolusi, vol. 8, no. 2, Sep. 2020, doi: 10.31294/evolusi.v8i2.8942.
[10] “Qreatif Educative | Aplikasi Edukasi Interaktif.” Accessed: Sep. 27, 2024. [Online]. Available: https://qreatif.id/apps/aplikasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Zaki Maulana Alfahinsa, An Nuril Maulida Fauziyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.