IMPLEMENTASI SELF CONFIDENT PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM

Authors

  • Iwan Taofek Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Self-Confidence, Flipped Classroom, Sosial Emotional Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kefektifan dari model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran IPA sehinga dapat mengembangkan pemahaman materi dan kompetensi kesadaran diri (self-awareness) dalam kerangka sosial emosional learning (SEL). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang tingkat kepercayaan diri peserta didik di UPT SMPN di Gresik. Subjek penelitian melibatkan 31 peserta didik kelas VIII, di mana data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 31 pernyataan terkait kepercayaan diri. Metode kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data yang diperoleh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik secara umum berada pada kategori sedang. Dari 31 pernyataan yang diajukan, Secara spesifik, data menunjukkan bahwa 40% peserta didik mengalami peningkatan kepercayaan diri setelah penerapan model flipped classroom. Mereka lebih berani berbicara di depan kelas dan mengemukakan pendapat. 30% peserta didik menunjukkan peningkatan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, dengan lebih banyak bertanya dan berkontribusi dalam diskusi kelas. 20% peserta didik mengalami peningkatan dalam pembelajaran mandiri, mampu mempersiapkan materi lebih baik sebelum pertemuan tatap muka. 10% peserta didik belum mengalami peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri dan partisipasi. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan gambaran bahwa sementara sebagian besar peserta didik memiliki kepercayaan diri yang cukup baik, untuk mengintegrasikan model pembelajaran flipped clasroom, seperti diskusi kelompok, presentasi, dan tugas-tugas yang menantang, guna meningkatkan keyakinan diri peserta didik. Selain itu, dukungan emosional dan motivasional yang lebih sering dari guru juga dapat membantu peserta didik untuk lebih percaya diri dalam mengatasi tantangan akademik. Implementasi model pembelajaran flipped classroom dapat mendukung pengembangan self-confidence akan berdampak positif terhadap keberhasilan akademik dan perkembangan sosial emosional peserta didik.

References

Allo, K. T., Sara, I., & Marampa’, E. (2024). MENGINTEGRASIKAN PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI KELAS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 423–432.

Anggraeni, Y., & Ardi Saputro, B. (2023). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri Angkatan Lor 03. Optimalisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PTK, 1638–1644.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna, 3(1), 15–22.

Dwi Yuniar, E. (2021). MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 TELUK JAMBE BARAT. MAJU, 8(1), 420–424.

Oktavia, L. (2022). KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTS N 2 SOLOK SELATAN. Unoiversitas Negeri Padang.

Pratiwi, I. H., Putri, S. M., Rahmawati, S. D., Puspitasari, Y. P., & Maret, U. S. (2024). OPTIMALISASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 65–71. https://doi.org/10.62017/merdeka

Raras Cahyaningrum, & Windia Hadi. (2023). Augmented Reality Assisted Flipped Classroom Model Against Students’ Mathematical Problem-Solving Ability. INOMATIKA, 5(2), 151–162. https://doi.org/10.35438/inomatika.v5i2.379

Samodra Pratama, E., Dwi Herlambang, A., & Hariyanti, U. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edpuzzle Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Basis Data Di Kelas XI SMK Negeri 6 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

[1]
I. Taofek, “IMPLEMENTASI SELF CONFIDENT PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, Sep. 2025.