Pengaruh Problem Based Learning Disertai LKPD Wizer.me Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida

Authors

  • Laily Fitria Andarini Universitas Jember

Keywords:

problem based learning, fluida, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengkaji pengaruh problem based learning disertai LKPD Wizer.me terhadap hasil belajar pada materi Fluida. Eksperimen merupakan jenis pada penelitian ini memakai Non equivalen control group design. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas XI MIPA SMA Kanjeng Sepuh di Kabupaten Gresik yang terdiri dari MIPA 1 dan MIPA 2. Sebelum diberi perlakukan, maka dilakukan uji homogenitas. Apabila dinyatakan homogen, maka dapat menggunakan teknik undian untuk memilih kelas eksperimen serta kontrol. Instrumen penelitian yaitu dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan melakukan uji independent sample t testmenggunakan SPSS versi 26. Dari hasil SPSS diperoleh Sig. (2-tailed) yaitu 0.007 maka 0,007 < 0,05 yang memiliki arti H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari data tersebut, maka terdapat pengaruh problem based learning disertai LKPD Wizer.meterhadap hasil belajar pada materi Fluida.

References

​L. M. Azizah, J. B. Poernomo, and M. I. Faqih, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Kelas XI MA/SMA Berbasis Guided Inquiry pada Materi Alat-Alat Optik,” Phys. Educ. Res. J., vol. 1, no. 1, p. 11, 2019, doi: 10.21580/perj.2019.1.1.4006.

​R. Fatikasari, B. Matius, and M. Junus, “Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis,” J. Literasi Pendidik. Fis., vol. 1, no. 01, pp. 65–72, 2020, doi: 10.30872/jlpf.v1i01.84.

​S. Soekarman, “Impementasi Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Elastisitas Melalui Inquiry Based Learning di SMA Negeri 2 Donggo,” J. Paedagogy, vol. 8, no. 2, p. 197, 2021, doi: 10.33394/jp.v8i2.3521.

​M. Muliani, F. Faradhilla, and S. Maya, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Sma Negeri Unggul Subulussalam,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 4, no. 2, p. 59, 2021, doi: 10.29103/relativitas.v4i2.5274.

​E. Murdani, “Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains,” J. Filsafat Indones., vol. 3, no. 3, pp. 72–80, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/22195

​S. W. R. Nasution, “PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA,” J. Educ. Dev. Inst. Pendidik. Tapanuli Selatan, vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2018.

​Z. Harizah, S. Kusairi, and E. Latifah, “Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa SMA,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 4, no. 12, p. 1596, 2019, doi: 10.17977/jptpp.v4i12.13058.

​F. F. Nastiti and A. H. Syaifudin, “Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran,” PHI J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, p. 8, 2020, doi: 10.33087/phi.v4i1.80.

​S. Nurjanah and S. Sunarto, “Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Materi Usaha Dan Energi Siswa Kelas X SMK Taman Karya Jetis Yogyakarta,” Compt. J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, pp. 21–26, 2018, [Online]. Available: http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/4161

​W. Aprilia and Y. Z. Ansori, “Penggunaan Model Everyone Is a Teacher Here dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. FKIP UNMA, pp. 270–277, 2020.

​E. Rahayu and S. Fahmi, “Efektivitas Penggunaan Model Problem based Learning (PBL) dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018,” JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 1, no. 2, p. 147, 2018, doi: 10.24014/juring.v1i2.5671.

​S. Bektiarso, N. Megawati, and ..., “Self-efficacy and student physics learning outcomes in problem based learning (PBL) with phet media,” Gravity J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Fis., vol. 08, no. 02, pp. 108–116, 2022, doi: 10.30870/gravity.v8i2.13975.

​V. Y. Tarigan, S. Sophia, D. Agustin, Y. H. Ferry, and F. P. Bunthu, “Inovasi Model Problem Besed Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STT Real Batam,” REAL COSTER J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2021, doi: 10.53547/rcj.v1i1.100.

​ sitiatava R. Putra and N. Putri, Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. 2013. Accessed: Sep. 28, 2023. [Online]. Available: http://www.library.usd.ac.id/web/index.php?pilih=search&p=1&q=0000129308&go=Detail

​V. A. R. Putri and D. Indrawati, “Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bilangan Berpangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga Berbantuan Wizer . me Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Jpgsd, vol. 9, no. 10, pp. 3542–3550, 2021.

​O. Olena and O. Anastasiia, “Using of Interactive Worksheets (Platform Wizer.Me) As a Form of Implementation of Flipped Classroom Ideas,” Grail Sci., vol. 16, no. 16, pp. 375–378, 2022, doi: 10.36074/grail-of-science.17.06.2022.063.

​N. Kaliappen, W. N. A. Ismail, A. B. A. Ghani, and D. Sulisworo, “Wizer.Me and socrative as innovative teaching method tools: Integrating tpack and social learning theory,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 3, pp. 1028–1037, 2021, doi: 10.11591/IJERE.V10I3.21744.

​“Buku Metode Penelitian Sugiyono | PDF.” https://www.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono (accessed Sep. 28, 2023).

​Ramdani, N. A. Muslimin, and H. Husein, “Pengaruh Liveworksheets Dalam Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sman 3 Barru : Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga,” EDUTECH J. Inov. Pendidik. Berbantuan Teknol., vol. 2, no. 3, pp. 243–251, 2022, doi: 10.51878/edutech.v2i3.1471.

​A. S. Ratnasari and M. E. Wulanningtyas, “Jurnal Pendidikan dan Konseling,” vol. 4, pp. 1707–1715, 2022.

​B. H. Helyandari, H. Hikmawati, and H. Sahidu, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Ma Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020,” Konstan - J. Fis. Dan Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, pp. 10–17, 2020, doi: 10.20414/konstan.v5i1.46.

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

[1]
L. F. Andarini, “Pengaruh Problem Based Learning Disertai LKPD Wizer.me Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, pp. 5–8, Apr. 2024.