Literature Review: Pembelajaran berbasis Problem Based Learning sebagai Realisasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik
Keywords:
problem based learning, kurikulum merdeka, model pembelajaranAbstract
Pendidikan merupakan aspek yang penting dalam menentukan kualitas dan kelangsungan hidup suatu bangsa. Dapat dikatakan bahwa pendidikan menjadi faktor penting dan indikator kemajuan suatu bangsa. Pembelajaran merupakan korelasi yang terjadi antara pendidik, peserta didik, dan sumber belajar dari suatu lingkungan belajar. Dalam korelasi ini terjadi suatu proses pembelajaran yaitu pendidik membantu peserta didik untuk memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan, dan pembentukan karakter pada suatu lingkungan belajar. Model pembelajaran merupakan suatu cara atau teknik yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran adalah model pembelajaran berbasis masalah atau Problem-Based Learning (PBL). Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dalam prosesnya peserta didik dihadapkan ke dalam suatu permasalahan nyata yang pernah dialami oleh peserta didik. Model PBL menekankan pada proses pemberian masalah dimana materi pembelajaran dapat dikaitkan dengan permasalahan di dalam kehidupan sehari-hari yang harus dipecahkan solusinya oleh peserta didik melalui investigasi dengan tujuan mengasah kemampuan berpikir kreatif sehingga dapat memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari pembelajaran. Model pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang diterapkan sebagai realisasi kurikulum merdeka menuntun peserta didik agar dapat menghadapi situasi kehidupan nyata ini mampu meningkatkan kemampuan peserta didik untuk belajar dengan mencari solusi dari masalah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu menyajikan hasil melalui pengolahan data yang didapatkan melalui sumber literatur ilmiah tentang model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai realisasi kurikulum merdeka. Pencarian artikel terkait dilakukan dengan menggunakan kata kunci problem based learning, kurikulum merdeka, dan model pembelajaran. Artikel yang dikumpulkan hanya artikel yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2019-2021. Model pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang diterapkan sebagai realisasi kurikulum merdeka menuntun peserta didik agar dapat menghadapi situasi kehidupan nyata ini mampu meningkatkan kemampuan peserta didik untuk belajar dengan mencari solusi dari masalah.
References
Ali Lukman. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Perum Balai Pustaka, Jakarta.
Arends, R. I. 2012. Learning to teach ninth edition (9th ed.). New Britain, USA: Library of Congress Cataloging.
Chotimah, C. & Muhammad F. 2018. Paradigma baru sistem pembelajaran dari: Teori, Metode, Model, Media, hingga Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Daga, A. 2021. Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Education, 7(3), 1075-1090.
Fajra, M. A. 2020. Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Kota Padang. Cakrawala Pendidikan, 14(1), 1-9.
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
Kemdikbud. 2019. Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Lidinillah, D. A. M. 2018. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 1, 1-8.
Nurgiyantoro B. 2001. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, BPFE Yokyakarta, Yogyakarta.
Siregar, Purwanto dan Seri. 2016. Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 11 Medan t.p 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Malang, vol. 2(no.1), h.26.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana, Jakarta.
Widiasworo, E. 2018. Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.