Analisis Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Praktikum melalui Pendekatan Saintifik sebagai Implementasi Keterampilan Abad 21
Keywords:
Aktivitas Belajar, Praktikum, Pendekatan Saintifik, Abad ke-21Abstract
Penelitian ini memiliki maksud dalam mendeskripsikan aktivitas peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran praktikum melalui pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Sasaran dari objek penelitian ini ada pada salah satu sekolah menengah atas yang berada di kota Semarang. Penerapan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui proses pengamatan, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan saat pembelajaran pada semester genap tahun 2022. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan software NVIVO 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik dalam aspek Observing(mengamati) mencapai 83,3%, aspek questioning(Menanya) mencapai 93,3%, aspek experimenting(Mengumpulkan informasi) mencapai 88,3%, aspek associating(menalar) mencapai 75%, dan untuk aspek communicating (mengkomunikasikan) mencapai 85,4%. Rata-rata pada keseluruhan aktivitas peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah menengah atas melalui pendekatan saintifik tercapai 85,06% dengan kategori sangat baik. Dengan segala tantangan dan hambatan yang dihadapi diharapkan aktivitas peserta didik kedepannya mengalami peningkatan disetiap tahapan pendekatan saintifik, serta bisa dijadikan bahan evaluasi dalam menyempurnakan pengimplementasian keterampilan abad 21.
References
Nata, A. 2017. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : Kencana
Lilis, K. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Skripsi. Cirebon: Program sarjana IAIN Syekh Nurjati.
OECD. 2018. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf diakses pada 30 September 2023.
Goldston, Marion J.; Downey, L. M. 2013. Your Science Classroom: Becoming an Elementary School Science Teacher. Los Angeles: SAGE Publications, Inc
Trilling, B.; Fadel, C. 2009. 21st Century skills: learning for life in our times. John Wiley & Sons, Inc.
Winda, S. 2010. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Konsep Sistem Koloid. Skripsi. Jakarta: Program sarjana UIN Syarif Hidayatullah.
Putriadi, Nyoman D. 2020. Pengembangan asesmen kinerja pada Praktikum ipa berbasis pendekatan saintifik Dalam meningkatkan kemampuan berpikir Kritis siswa kelas VII SMP. J Matematika, sains, dan pembelajarannya., vol.14,pp.125-153.
Juliawan, I wayan., Wiguna, Dewa, G., & Bawa, Pande, W., 2019. Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa BK IKIP PGRI Bali Pada Pandemi COVID-19. Proc PPCBADI. pp.134-142.
Uswatun, Din., 2018. Analisis Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis Scientific Approach di Sekolah Dasar sebagai Implementasi 21st Century Skills. J Pendidikan IPA Veteran. Vol. 2, pp. 174-188.
Rusadi, B., Widiyanto, rohmat., & Lubis, Rahmat. 2019. Analisis Learning And Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. J Conciencia. Vol. 19, pp. 112-131.
Apko, H. 2015. Peningkatan Keterampilan Siswa Berdiskusi Kelompok Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Koordinasi di SMP N 2 Bubon. Proc SNB. Aceh 30 April 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.