Pengaruh Keterampilan Argumentasi terhadap Kemampuan Literasi Fisika Peserta Didik dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Argument-Divine Inquiry (ADI)
Keywords:
pembelajaran ADI, argumentasi ilmiah, literasi fisikaAbstract
Argumentasi dalam bidang sains merupakan usaha untuk memvalidasi ataupun menolak sebuah gagasan (claim) yang didasarkan pada alasan ilmiah serta mencerminkan perilaku para ilmuwan. Sedangkan literasi fisika diartikan sebagai kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh argumentasi ilmiah terhadap literasi fisika peserta didik. metode yang digunakan adalaha metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian gabungan dengan desain One Shot Case Stud. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi (rekaman video). Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan literasi fisika peserta didik menunjukkan penigkatan secara signifikan, dengan signifikansi 5% diperoleh nilai n-gain pada kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah memiliki korelasi positif terhadap peningkatan kemampuan literasi fisika peserta didik.
References
Devi, N. D. C., Susanti, V. H. E., & Indriyanti, N. Y. 2018. Analysis of High School Students’ Argumentation Ability in the topic of Buffer Solution. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3): 141.
Erduran, S., Simon, S., & Osborne, J. 2004. Tapping into Argumentation: Developments in the Application of Toulmin’s Argument Pattern for Studying Science Discourse. Science Education, 88(6): 915–933.
Indrawati, M. D. (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Fisika Peserta Didik pada Bahasan Gelombang Bunyi di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fiske (JIPF), 07(01), 14-20.
Kadayifci, H., & Yalcin, C. A. 2016. Implementation of Argument-Driven Inquiry as an Instructional Model in a General Chemistry Laboratory Course. Science Education International, 27(3): 369–390.
Mulyasa, H. E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Noviyani, M., Kusairi, S., & Amin, M. 2017. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Berbasis Argumen. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7): 974–978.
Nurramadhani, A., Ms, H., & Rahman, T. 2017. Argument-DrivenInquiry (ADI): The Way to Develop Junior High School Student’s Argumentation Skills in Science Learning. 57(ICMSEd 2016): 128–132.
Putri, M. D., & Rusdiana, D. 2017. Identifying Students’ Scientific Argumentation Skill At Junior High School 1 Argamakmur, North Bengkulu. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9): 556–572.
Sampson, V., Grooms, J., & Walker, J. P. 2011. Argument-Driven Inquiry as a Way to Help Students Learn How to Participate in Scientific Argumentation and Craft Written Arguments: An Exploratory Study. Science Education, 95(2): 217–257
Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.
Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. 2017. Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik SMA, MAN, dan Perguruan Tinggi Tingkat I. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2): 30–40.
Walker, J. P., Sampson, V., & Zimmerman, C. O. 2011. Argument-Driven Inquiry: An Introduction to a New Instructional Model for Use in Undergraduate Chemistry Labs. Journal of Chemical Education, 88(8): 1048–1056.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.