Implementasi Pendekatan Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMP Kelas 7 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

  • Iwan Taofek Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pembelajaran Interaktif, Penelitian Tindakan Kelas, Peningkatan Motivasi Belajar, Partisipasi Peserta didik, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menerapkan pendekatan pembelajaran interaktif dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP kelas 7 dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Motivasi belajar memainkan peran krusial dalam proses pendidikan dan pengembangan peserta didik di tingkat sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melibatkan dua kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. PTK dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran interaktif berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peserta didik menunjukkan peningkatan minat dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran IPA. Observasi juga mencatat peningkatan partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggambarkan bahwa pendekatan pembelajaran interaktif memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP kelas 7 pada mata pelajaran IPA. Implikasi dari penelitian ini mengajukan saran untuk mengintegrasikan metode pembelajaran yang interaktif dan berorientasi kepada peserta didik dalam praktek pendidikan di sekolah menengah pertama.

References

F. Panggabean, M. P. Simanjuntak, M. Florenza, L. Sinaga, and S. Rahmadani, “ANALISIS PERAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SMP,” Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPAI), pp. 7–12, 2012.

T. Handayani, H. K. E. P. Moro, and S. A. Lestari, “Upaya Peningkatan Motivasi Belajar IPA pada Materi Keanekaragaman Mahluk Hidup di Siswa Kelas 7 SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang melalui Media Pembelajaran Lectora,” Yogyakarta, Aug. 2016.

H. Pardede, A. T. Turnip, A. Manalu, M. D. Nagur, and T. Nababan, “Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA SMP Methodist-9 Medan di Era New Normal,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan, vol. X, no. 3, pp. 436–444, 2022, [Online]. Available: http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

F. Shoraya, Wahyudi, and E. Indarini, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA.”

Elisabet, S. C. Relmasira, and A. Tyas Asri Hardini, “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL),” Journal of Education Action Research, vol. 3, pp. 285–291, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

A. A. Adiansha, “Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA dengan Menerapkan Metode Pemberian Balikan,” Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, vol. 6, no. 2, pp. 161–170, 2017.

E. F. Andriani, “Peningkatan Motivasi Belajar IPA Menggunakan Metode Pembelajaran Discovery Learning,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, pp. 2–9, 2019.

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

[1]
I. Taofek, “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMP Kelas 7 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, pp. 1–4, Apr. 2024.