Peran dan Tantangan Guru IPA dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Untuk Konservasi Alam dan Kearifan Lokal

Authors

  • Fatimatuz Zahro Universitas Negeri Surabaya
  • An Nuril Maulida Fauziah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPA, Kearifan Lokal, Kreativitas dalam Pendidikan, Tantangan Implementasi Kurmer

Abstract

Kurikulum Merdeka membawa inovasi dan tantangan dalam pendidikan Indonesia, dengan fokus pada kreativitas, berpikir kritis, dan konservasi alam. Guru IPA perlu menghadapi beragam tantangan, termasuk perbedaan minat siswa dan upaya memadukan konsep IPA dengan kearifan lokal serta mempertahankan budaya dan moral siswa. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran berdasarkan keadaan dilapangan sesuai dengan pengalaman yang didapati oleh para guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan jenis penelitian ini didasarkan pada hasil temuan yang diperoleh tidak didasarkan pada prosedur statistik dan tidak ada proses atau bentuk hitungan. Kurikulum Merdeka dalam pendidikan di Indonesia tidak hanya mengubah pendekatan pembelajaran di satuan pendidikan, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas dan penerapan nilai-nilai konservasi alam dan kearifan lokal dalam pembelajaran IPA. Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran sains tidak hanya meningkatkan kesadaran lingkungan siswa, tetapi juga mendorong kreativitas, berpikir kritis, dan kemampuan problem solving mereka. Pengintegrasian konservasi alam dan kearifan lokal budaya Indonesia dalam pembelajaran IPA memiliki hambatan seperti pemahaman dan kesadaran yang kurang serta terbatasnya sumber daya. Diperlukan pendekatan yang disesuaikan dengan preferensi siswa dan peningkatan sumber daya dan fasilitas. Dengan upaya bersama antara guru, sekolah, dan pemerintah, implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran IPA dengan fokus pada konservasi alam dan kearifan lokal budaya Indonesia dapat menjadi lebih efektif dan relevan bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

References

W. Li et al., “A state-of-the-art analysis of pharmacological delivery and artificial intelligence techniques for inner ear disease treatment,” Environ Res, vol. 236, p. 116457, Nov. 2023, doi: 10.1016/J.ENVRES.2023.116457.

J. Joy Cumming and E. A. Dickson, “Social, educational and legal perspectives on assessment and accountability measures in inclusive education for students with disability,” International Encyclopedia of Education: Fourth Edition, pp. 171–180, Jan. 2023, doi: 10.1016/B978-0-12-818630-5.09064-3.

“Research and Education Posters Presented at the 121st Virtual Annual Meeting of the American Association of Colleges of Pharmacy, July 13-31, 2020,” Am J Pharm Educ, vol. 84, no. 6, p. ajpe8220, Jun. 2020, doi: 10.5688/AJPE8220.

Y. Resti, “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK,” Aug. 2023.

M. Fleer, “The role of imagination in science education in the early years under the conditions of a Conceptual PlayWorld,” Learn Cult Soc Interact, vol. 42, p. 100753, Oct. 2023, doi: 10.1016/J.LCSI.2023.100753.

H. Ahmed Alismail, “Teachers’ perspectives of utilizing distance learning to support 21st century skill attainment for K-3 elementary students during the COVID-19 pandemic era,” Heliyon, vol. 9, no. 9, p. e19275, Sep. 2023, doi: 10.1016/J.HELIYON.2023.E19275.

C. Mouza, D. Codding, and L. Pollock, “Investigating the impact of research-based professional development on teacher learning and classroom practice: Findings from computer science education,” Comput Educ, vol. 186, p. 104530, Sep. 2022, doi: 10.1016/J.COMPEDU.2022.104530.

S. He and W. Jiao, “Conservation-compatible livelihoods: An approach to rural development in protected areas of developing countries,” Environ Dev, vol. 45, p. 100797, Mar. 2023, doi: 10.1016/J.ENVDEV.2022.100797.

G. E. Putri, M. Misnawati, D. Syahadah, Y. Sari, R. Ummy, and I. Nurfitria, “Pengamalan Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Pada Era Digital Di SMPN 6 Palangka Raya,” Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, vol. 2, no. 1, pp. 171–190, Feb. 2023, doi: 10.30640/CAKRAWALA.V2I1.635.

F. Irham, “PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TINGKAT SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG,” Aug. 2023.

M. Yasir and T. Hartiningsih, “STUDI ETNOSAINS KERIS MADURA DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KONSERVASI CAGAR BUDAYA,” Proceeding Seminar Nasional IPA, Jul. 2023, Accessed: Oct. 04, 2023. [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2274

S. Umar, M. Choiri, and A. Mujahidin, METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN, 1st ed. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

K. A. A. Gamage, D. M. S. C. P. K. Dehideniya, and S. Y. Ekanayake, “The Role of Personal Values in Learning Approaches and Student Achievements,” Behavioral Sciences, vol. 11, no. 7, Jul. 2021, doi: 10.3390/BS11070102.

L. M. Ochoa-Ochoa, R. Devillamagallón, G. Castillo-Ramírez, and L. Cordero-Marines, “Effects of Atlanticists policies and visions: The legacy of colonialism in conservation,” Biol Conserv, vol. 282, p. 110070, Jun. 2023, doi: 10.1016/J.BIOCON.2023.110070.

S. He and W. Jiao, “Conservation-compatible livelihoods: An approach to rural development in protected areas of developing countries,” Environ Dev, vol. 45, p. 100797, Mar. 2023, doi: 10.1016/J.ENVDEV.2022.100797.

A. N. FITRA, “PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATERI EKOSISTEM TEMA 5 DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA,” Nov. 2022, Accessed: Oct. 04, 2023. [Online]. Available: https://unipasby.ac.id/

H. A. Hasibuan, “Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung Pendidikan Merdeka Belajar,” Prosiding Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 292–301, Jan. 2022, doi: 10.34007/PPD.V1I1.201.

L. Darling-Hammond, L. Flook, C. Cook-Harvey, B. Barron, and D. Osher, “Implications for educational practice of the science of learning and development,” Appl Dev Sci, vol. 24, no. 2, pp. 97–140, Apr. 2020, doi: 10.1080/10888691.2018.1537791.

I. Farida et al., “Implementasi Kurikulum 2013 Di SMA Kota Serang Menuju Sekolah Unggulan,” Concept: Journal of Social Humanities and Education, vol. 2, no. 2, pp. 234–250, May 2023, doi: 10.55606/CONCEPT.V2I2.311.

Republik Indonesia. (2003). UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.1088/1751- 8113/44/8/085201

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022, 7 Juni 2022

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud., Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) fase D untuk SMP/MTS/Program Paket B. 2022

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

[1]
F. Zahro and A. N. M. Fauziah, “Peran dan Tantangan Guru IPA dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Untuk Konservasi Alam dan Kearifan Lokal”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, pp. 14–21, Apr. 2024.