Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Bunyi
Keywords:
Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA, Kearifan Lokal, Bunyi, KeterampilanAbstract
Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal pada materi bunyi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah survei dengan desain cross-sectional dengan dengan point time approach. Hasil penelitian diperoleh persentase keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada indikator memberikan penjelasan sederhana sebesar 60%, indikator membangun keterampilan dasar 54%, indikator kesimpulan 47%, indikator membuat penjelasan 56%, dan indikator strategi dan taktik 38%. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa SMP dengan menggunakan pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal secara keseluruhan memiliki kriteria rendah dengan persentase 51%. Indikator keterampilan berpikir kritis memberikan pejelasan sederhana (elementary clarification) memiliki persentase tertinggi sebesar 60% dengan kriteria rendah. Indikator keterampilan berpikir kritis dengan persentase terendah pada indikator starategi dan taktik (strategy and tacic) dengan persentase sebesar 48%. Rendahnya keterampilan berpikir kritis pada siswa dapat diatasi melalui proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, problem based learning, inquiry learning, dan kooperatif learning. Diperlukan penelitian lebih lanjut terkait model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP terutama model pembelajaran kooperatif dengan tipe Team Based Learning.
References
D. Lutfiana, “Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih,” Vocat. J. Inov. Pendidik. Kejuru., vol. 2, no. 4, pp. 310–319, Dec. 2022, doi: 10.51878/vocational.v2i4.1752.
P. Kurniati, A. L. Kelmaskouw, A. Deing, B. Bonin, and B. A. Haryanto, “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21,” J. Citizsh. Virtues, vol. 2, no. 2, pp. 408–423, Sep. 2022, doi: 10.37640/jcv.v2i2.1516.
A. Pamungkas, B. Subali, and S. Linuwih, “Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 3, no. 2, p. 118, Oct. 2017, doi: 10.21831/jipi.v3i2.14562.
A. E. Putra, J. Jufrida, H. Pathoni, and F. R. Basuki, “The Design of Local Wisdom-Based Science Learning on Pressure Materials in Junior High School,” J. Sci. Educ. Res., vol. 5, no. 2, pp. 28–33, Oct. 2021, doi: 10.21831/jser.v5i2.43505.
R. H. Ennis, “Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision,” Topoi, vol. 37, no. 1, pp. 165–184, Mar. 2018, doi: 10.1007/s11245-016-9401-4.
S. Wahyuni, I. G. M. Sanjaya, E. Erman, and B. Jatmiko, “Edmodo-Based Blended Learning Model as an Alternative of Science Learning to Motivate and Improve Junior High School Students’ Scientific Critical Thinking Skills,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 14, no. 07, p. 98, Apr. 2019, doi: 10.3991/ijet.v14i07.9980.
N. F. Plotnikova and E. N. Strukov, “Integration of teamwork and critical thinking skills in the process of teaching students,” Cypriot J. Educ. Sci., vol. 14, no. 1, pp. 1–10, Mar. 2019, doi: 10.18844/cjes.v14i1.4031.
J. R. Fraenkel, N. E. Wallen, and H. H. Hyun, How to Design and Evaluate Research in Education, 11th ed., no. 0. New York: McGraw Hill LLC., 2023.
Riduwan, Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta, 2020.
J. M. Spector and S. Ma, “Inquiry and critical thinking skills for the next generation: from artificial intelligence back to human intelligence,” Smart Learn. Environ., vol. 6, no. 1, 2019, doi: 10.1186/s40561-019-0088-z.
N. H. Astuti, A. Rusilowati, B. Subali, and P. Marwoto, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa SMP,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 9, no. 1, pp. 3–6, 2020.
F. A. Rohmah and T. Nurita, “Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Getaran Dan Gelombang,” E-Jurnal Pensa, vol. 05, no. 03, pp. 222–225, 2017.
D. Maslakhatunni’mah, L. B. Safitri, and D. N. Agnafia, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP,” Semin. Nas. Pendidik. Sains 2019, pp. 179–185, 2019.
D. N. Agnafia, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi,” Florea, vol. 6, pp. 45–63, 2019.
C. Kivunja, “Teaching Students to Learn and to Work Well with 21st Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm,” Int. J. High. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2015, doi: 10.5430/ijhe.v4n1p1.
S. A. Vong and W. Kaewurai, “Instructional model development to enhance critical thinking and critical thinking teaching ability of trainee students at regional teaching training center in Takeo province, Cambodia,” Kasetsart J. Soc. Sci., vol. 38, no. 1, pp. 88–95, 2017, doi: 10.1016/j.kjss.2016.05.002.
D. M. Anggraeni, B. K. Prahani, N. Suprapto, N. Shofiyah, and B. Jatmiko, “Systematic review of problem based learning research in fostering critical thinking skills,” Think. Ski. Creat., vol. 49, p. 101334, Sep. 2023, doi: 10.1016/j.tsc.2023.101334.
C. P. Cortez, A. M. F. Osenar - Rosqueta, and M. S. Prudente, “Cooperative-flipped classroom under online modality: Enhancing students’ mathematics achievement and critical thinking attitude,” Int. J. Educ. Res., vol. 120, p. 102213, 2023, doi: 10.1016/j.ijer.2023.102213
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.