Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Cerita Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Dr.Soetomo Surabaya
Keywords:
kemandirian belajar, matematika cerita, problem based learningAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan membuktikan: 1) Perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematika cerita antara kelas yang menerapkan model PBL dengan model pembelajaran konvensional/langsung; 2) Perbedaan kemandirian belajar matematika antara kelas yang menerapkan model PBL dengan model pembelajaran konvensional/langsung pada siswa kelas VIII SMP Dr. Soetomo Surabaya. Kontribusi dalam bidang pembelajaran matematika dapat dijadikan dasar acuan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih baik yang dapat mengembangkan kemampuan memecahkan masalah matematika cerita dan kemandirian belajar matematika. Pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan quasy-eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasinya seluruh siswa SMP kelas VIII dan sebagai sampel diambil dua kelas yang mempunyai kemampuan awal memecahkan matematika cerita dan kemandirian belajar yang sama. Kemudian dua kelas tersebut dijadikan sebagai kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional/langsung dan kelas yang menerapkan model PBL. Metode pengumpulan data berupa angket kemandirian dan tes. Variabel bebas yaitu model PBL dan model pembelajaran langsung, sedang variabel terikatnya kemampuan memecahkan masalah matematika cerita dan kemandirian belajar matematika. Metode analisis data menggunakan uji t (two independent sample t test). Hasil penelitian :1) Terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematika cerita yang sangat signifikan antara kelas yang menerapkan model PBL dengan model pembelajaran konvensional/langsung; 2) Terdapat perbedaan kemandirian belajar matematika yang signifikan antara kelas yang menerapkan model PBL dengan model pembelajaran konvensional/langsung pada siswa kelas VIII SMP Dr.Soetomo Surabaya.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Matematika Cerita, Problem Based Learning