BAGAIMANA CARA MENGAJARKAN PEMANASAN GLOBAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS?
Keywords:
pemanasan global, MODEL PEMBELAJARAN, pendekatan pembelajaran, MEDIA PEMBELAJARAN, metode pembelajaranAbstract
Penelitian ini betujuan untuk menentukan cara terbaik mengajarkan materi pemanasan global melalui pendekatan, model, metode, dan media pembelajaran yang tepat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa teks dari berbagai macam buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang tepat untuk diterapkan adalah pendekatan yang berpusat pada siswa karena siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan pendekatan kontekstual serta saintifik karena kedua kegiatan pembelajaran tersebut mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran yang tepat diterapkan adalah model discovery karena siswa dapat mempelajari materi pemanasan global berdasarkan penemuan dalam kehidupan sehari-hari dan model pembelajaran berbasis masalah karena siswa menemukan materi pemanasan global melalui suatu masalah. Metode pembelajaran yang tepat diterapkan adalah metode diskusi karena siswa dapat bertukar pendapat dengan guru dan teman. Media pembelajaran yang tepat diterapkan adalah media visual, media audio-visual, dan media multimedia karena dapat memberikan gambaran tentang proses pemanasan global. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan yang tepat adalah pendekatan berpusat pada siswa, saintifik, dan kontekstual, model yang tepat adalah model discovery dan pembelajaran berbasis masalah, metode yang tepat adalah diskusi, dan media yang tepat adalah media visual, media audio-visual, dan media multimedia.