INTERNALISASI NILAI DEMOKRASI MELALUI KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA GUNA MENANGKAL RADIKALISME DI KALANGAN REMAJA (STUDI KASUS DI SMKN 1 KEMLAGI)
Keywords:
Nilai Demokrasi, proyek penguatan profil pelajar pancasila, radikaslismAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi kegiatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) dan internalisasi nilai-nilai demokrasi di dalamnya guna menangkal paham radikalisme di kalangan remaja khsusunya peserta didik di SMKN 1 Kemlagi. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data primer atau informan adalah Kepala Sekolah SMKN 1 Kemlagi, Ketua P5, Koordinator dan Fasilitator proyek, serta perwakilan peserta didik kelas X. Sedangkan sumber data sekunder adalah modul proyek, lembar kerja siswa, jurnal fasilitator. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi serta studi pustaka. teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitain adalah: 1) implementasi kegiatan P5 di SMKN 1 Kemlagi dilaksanakan dengan empat tahap. Pertama, tahap pengenalan dengan mendatangkan pihak dari KPU Kab. Mojokerto. Kedua, kontekstualisasi dengan mengikuti kegiatan pemilihan ketua OSIS periode 2022-2023. Ketiga, tahap aksi, peserta didik merencanakan hingga melaksanakan pemilihan umum dengan tema sesuai pilihan masing-masing. Keempat, tahap pemaparan dan refleksi, peserta didik mempresentasikan hasil proyek bersama semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. 2) internalisasi nilai demokrasi melalui P5, meliputi: nilai toleransi, nilai kebebasan, dan nilai kerjasama.