ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL MEKANIKA TEKNIK BERBASIS LITERASI VOKASIONAL

Authors

  • Adila Joya Puspita Universitas Negeri Jakarta
  • Riyan Arthur
  • Daryati

Keywords:

E-MODUL, mekanika teknik, literasi vokasional

Abstract

Studi ini mengemukakan analisis terhadap kebutuhan pengembangan e-modul berbasis literasi vokasional pada mata pelajaran mekanika teknik untuk siswa SMK menggunakan metode survey deskriptif, survei dilakukan terhadap siswa di beberapa SMK di Jakarta yang mempelajari mekanika teknik. Hasilnya bahan ajar menjadi faktor paling dominan dianggap menjadi kendala dalam mempelajari mekanika teknik dengan persentase sebesar 34%. Sementara itu fenomena perkembangan bahan ajar e-modul bergitu marak mengingat kemajuan zaman yang menuntut pembelajaran serba cepat, praktis, dan mudah dijangkau namun harus tetap sesuai dalam menjawab kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa SMK. Hasil survey juga didukung dengan data capaian hasil belajar siswa yang rendah dan analisis literatur terhadap topik ini. Sehingga didapatkan bahwa pengembangan bahan ajar ini sejalan dan sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan pembelajaran yang lebih baik di SMK maka pengembangan bahan ajar e-modul pada mata pelajaran mekanika teknik berbasis literasi vokasional perlu dilakukan.

Downloads

Published

2023-07-23