EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI SMAN 6 BONE

Authors

  • Asmaul Husnah Amri Universitas Negeri Surabaya
  • Ramazan
  • Agus Qowiyuddin

Keywords:

EFEKTIVITAS, Pembelajaran matematika, Model pembelajaran Missouri Mathematics Project

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam pembelajaran matematika siswa.  Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design, dengan menggunakan metode pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), lembar observasi aktivitas siswa untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan dan saran siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), dan lembar observasi kemampuan guru untuk mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project memiliki frekuensi KKM lebih besar dibandingkan kemampuan matematika siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project.

Berdasarkan analisis inferensial diperoleh perbandingan rata-rata untuk nilai awal dan nilai akhir. Nilai awal memiliki nilai rata-rata 30 dan nilai akhir memiliki rata-rata 79,97. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran MMP.

Downloads

Published

2023-07-23