PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU KEWARGANEGARAAN DIGITAL : KAJIAN LITERATUR
Keywords:
Kewarganegaraan Digital, metode pembelajaran sosiodramaAbstract
Pancasila adalah dasar negara yang wajib diketahui dan diterapkan oleh warga negara Indonesia pada khususnya. Dewasa ini teknologi berkembang sangat pesat bahkan cenderung memanfaatkan pengguna apabila tidak dapat menggunakannya. Banyak pemberitaan mengenai pelajar SMP di Indonesia yang mudah terpengaruh oleh sosial media, baik melalui ajakan teman yang belum tentu benar hingga mengikuti tren yang terjadi saat itu hanya untuk menunjukkan ketertarikan pada tuntutan warga digital. Oleh sebab itu dengan menerapkan metode sosiodrama dalam pembelajaran mapel PKn materi pancasila, dapat memotivasi belajar siswa hingga meningkatkan pemahaman siswa yang sebelumnya sudah dapat pada jenjang sekolah sebelumnya pada materi pancasila dan dapat mengontrol perilaku kewarganegaraan digitalnya berlandaskan pancasila sehingga dalam pemanfaatannya dapat terarah dan tidak melanggar UU ITE yang berlaku di Indonesia. Dengan menggunakan kajian literatur serta teori perilaku yang direncanakan sebagai landasan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dengan menerapkan metode pembelajaran sosiodrama terhadap perilaku kewarganegaraan digital