PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PEMASARAN PRODUK MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII MULTIMEDIA SMKN 1 SURABAYA

Authors

  • Karmila Ridha Rahma Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Dr. Hari Sugiharto Setyaedi, M.Si

Keywords:

Pemanfaatan, media sosial, MEDIA PEMBELAJARAN, produk kreatif, instagram, kewirausahaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran pada materi pemasaran produk di jurusan multimedia SMKN 1 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk uji keabsahan data menggunakan uji Credibilty (Validitas Internal) dan uji Transferability (Validitas Eksternal). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Multimedia.

Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui karakteristik peserta didik, pengetahuan narasumber terkait media sosial Instagram, dan kuantitas pemberian tugas proyek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik mampu memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk melakukan pemasaran dan promosi produk, dengan memberikan referensi terbaru kepada peserta didik dapat memberikan rangsangan terhadap kreativitas mereka, dalam implikasi pengerjaan proyek menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.

Downloads

Published

2023-07-23