PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD
Keywords:
problem based learning, ICT, Berpikir kreatifAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan model PBL berbasis ICT untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 2 Petiken Kabupaten Gresik. Penelitian Tindakan Kelas digunakan dalam jenis penelitian ini. Terdiri dari 4 fase setiap siklusnya. Penilaian yang diolah dalam penelitian ini adalah lembar observasi kinerja siswa, lembar observasi kinerja guru, penilaian kognitif, psikomotor dan afektif serta tes berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis ICT dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 2 Petiken. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (aspek kognitif) sebesar (57%) siklus II menjadi (96%). Pada Siklus I hasil belajar psikomotorik bahasa Indonesia siswa dinilai (50%), IPA mendapat nilai (62%), pada Siklus II evaluasi sisi psikomotorik bahasa Indonesia diberi nilai (87%), IPA memperoleh (87%) dan SBdP (81%). Ketuntasan hasil belajar afektif siswa dari siklus I (13%) siklus II meningkat (75%), demikian pula rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif meningkat dari setiap Siklus I Siklus II.