PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PERSPEKTIF PROGRESIVISME DAN KONSTRUKTIVISME

Authors

  • AnselmusY Mones Sekolah Tinggi Pastoral Atambua
  • Aristiawan Dinas Pendidikan Jawa Timur Tulungagung
  • Muhtar SMK Negeri 6 Palu
  • Deasy Irawati Universitas Maarif Hasyim Latif

Keywords:

Project Based Learning, Progresivisme, Konstruktivisme

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan Project Based Learning (PjBL) perspektif filsafat progresivis dan konstruktivis. Deskripsi yang diuraikan antara lain teori dan prinsip dasar filsafat progresivis dan konstruktivis pada penerapan model PjBL. Penelitian berlangsung dengan metodologi literature review melalui pencarian topik tentang project based learning, filsafat progresivisme, dan filsafat konstruktivisme.Literatur yang diperoleh berasal dari mesin pencari artikel terindeks scopus seperti ProQuest, Springer Nature, SAGE, EBSCO, dan Taylor & Francis.Terdapat 450 artikel yang relevan dengan topik pencarian.Tersisa 78 artikel yang sesuai dengan variabel penelitian.Artikel yang terpilih dianalisis sekaligus rujukan sebanyak 37 artikel. Project based learning (PjBL) memiliki karakteristik yang sesuai dengan prinsip mendasar filsafat progresivime dan konstruktivisme. Filsafat progresivisme mendorong proses pembelajaran berlangsung dengan tahapan yang menjamin tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal. Filsafat konstruktivisme mendorong proses pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai sumber proses melalui aktivitas konkrit procedural empiris dan sistematis. Progresivisme dan konstruktivisme menjadi bagian dari prinsip keterlaksanaan project based learning (PjBL) dalam pembelajaran di satuan pendidikan.

Kata Kunci: Project based learning (PjBL); Progresivisme; Konstruktivisme.

Downloads

Published

2023-07-23