HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI FISH UNESA PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ita Mardiani Zain Zain Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Irianto

Keywords:

Motivasi intinsik, motivasi ekstrinsik, organisasi mandiri, pengelolaan waktu dan lingkungan belajar, help seeking, peer learning

Abstract

Pasca Covid-19 pelaksanaan pembelajaran masih 50 persen offline dan 50 persen online. Tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring salah satunya adalah motivasi belajar. Pemahaman mereka tidak seperti pada saat tatap muka secara luring, yang dapat melihat secara langsung aktivitas saat kuliah, karena dimungkinkan motivasi kurang dan ada loss information  untuk pemahaman dalam belajar. Maka diperlukan solusi untuk mengembalikan motivasi belajar. Dalam pembelajaran daring (online) mahasiswa memerlukan penyesuaian diri. Pada proses belajar mengajar, self regulating dapat menuntut siswa untuk melakukan pengaturan terhadap keadaan diri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini desain penelitian korelasi. Pengumpulan Data dengan menggunakan Kuesioner yang telah mengadopsi beberapa skala yang sudah dibangun dalam kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) oleh Pintrich (1990). Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui jenis motivasi yang dominan dimiliki mahasiswa; Self Regulated mana yang banyak dimiliki mahasiswa, dan  menganalisis hubungan motivasi dengan Self Regulated Learning. Hasil kajian dari penelitian ini adalah jenis motivasi yang dominan dimililiki mahasiswa adalah mayoritas mahasiswa dalam sampel memiliki motivasi ekstrinsik. Self Regulated mana yang banyak dimiliki mahasiswa adalah motivasi ekstrinsik diikuti dengan motivasi intrinksik, organisasi mandiri,  pengelolaan waktu dan lingkungan belajar, peer learning, dan  adalah help seeking (pencarian bantuan). Ada korelasi positif yang signifikan  motivasi dengan Self Regulated Learning dengan nilai p < 0,05.

Downloads

Published

2023-07-23