PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Authors

  • Almaida Vebibina Universitas Negeri Medan
  • Imma Rachayu
  • Sufandi Iswanto

Keywords:

Pengembangan, e-modul, flip book maker, hasil belajar, tata rias

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan e-modul berbasis flip book; dan (2) mengetahui keefektifan e-modul berbasis flip book terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dari model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis pendahuluan selama ini pembelajaran Mata Kuliah Rias Dasar dilakukan dengan bantuan powet point dan modul pegangan dosen. Pemanfaatan teknologi masih belum maksimal dan kurangnya variasi media pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar mahasiswa. Analisis ini menjadi acuan untuk pengembangan e-modul berbasis flip book maker. Pada tahap uji coba kelayakan, adapun hasil uji coba ahli media mendapatkan nilai rata-rata 86% dan ahli materi dengan rata-rata 83% dengan kategori “sangat layak”. Pada uji keefektifan, pada uji normalitas data dikatakan berdistribusi normal dan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya e-modul berbasis flip book maker efektif terhadap hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Published

2023-07-23