IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ORIENTASI MOBILITAS UNTUK SISWA TUNANETRA DI SLB A YPAB SURABAYA
Keywords:
orientasi mobilitas, tunanetraAbstract
Penelitian ini berlatarbelakang pembelajaran orientasi mobilitas (OM) untuk tunanetra di slb ternyata ditemui terdapat faktor penghambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dan upaya perbaikan kendala pembelajaran OM di SLB A YPAB Surabaya ditinjau dari aspek persiapan pembelajaran, aspek pelaksanaan, aspek evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data adalah guru di kelas 1 SD sebagai informan primer dan kepala sekolah sebagai informan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kendala pada persiapan pembelajaran OM meliputi 3 komponen yakni: (1) pelaksanaan asesmen, (2) penetapan tujuan pembelajaran, (3) kendala membangun kesiapan belajar siswa. Kendala juga ditemukan pada aspek pelaksanaan meliputi 4 komponen yakni: (1) penggunaan media pembelajaran, (2) pengadaan sarana dan prasarana, (3) penggunaan metode pembelajaran, (4) kondisi siswa. Kendala juga ditemukan pada kendala pelaksanaan evaluasi meliputi 2 komponen, yakni (1) pelaksanaan evaluasi dan (2) laporan hasil evaluasi.