PROFIL HAMBATAN ORANG TUA ANAK USIA DINI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Wiku Aji Sugiri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sandy Tegariyani Putri Santoso Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sigit Priatmoko Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rizki Amelia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Hambatan Orang Tua, Pembelajaran Jarak Jauh, Anak Usia Dini

Abstract

Implementasi pembelajaran jarak jauh (distance learning) telah memberikan dampak secara langsung bagi orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai hambatan orang tua anak usia dini dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner yang disebar secara daring. Subjek penelitian adalah orang tua siswa pada jenjang pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua telah menerima sosialisasi tentang penerapan pembelajaran jarak jauh dari pihak sekolah. Pola komunikasi yang terbangun antara orang tua dengan guru secara umum memanfaatkan platform whatsapp. Kondisi geografis yang berbeda, ketersediaan jaringan internet, latar belakang pendidikan, profesi, dan pengalaman orang tua siswa turut memberikan pengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran. Meskipun sebagian besar orang tua sudah puas dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, namun masih diperlukan beberapa penyesuaian tertentu agar hasil belajar siswa bisa lebih maksimal. Salah satunya yakni dengan menyederhanakan materi yang akan disajikan kepada siswa ketika belajar dari rumah.

Downloads

Published

2023-07-23