Pembelajaran untuk Meningkatkan Self Regulated Learning dan Self Efficacy dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila
Keywords:
profil pelajar Pancasila, Self Regulated Learning, Self EfficacyAbstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah kompetensi dan karakter esensial untuk dapat dicapai oleh peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Tujuan penelitian untuk mengkaji pembelajaran dalam meningkatkan Self Regulated Learning dan Self Efficacy untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Teknik Pengumpulan data berupa data primer (angket) dan data sekunder. Teknik analisis data berupa Statistik deskriptif dengan responden 121 mahasiswa. Studi ini menunjukkan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadi pelajar yang memiliki Profil Pancasila adalah sebagai berikut: Pertama, mengamalkan enam tipe profil pelajar pancasila. Kedua, berusaha mengimplementasikan dan berpedoman dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila dalam dalam setiap tindakan yang dilakukan. Ketiga, menanamkan dalam diri sendiri nilai-nilai yang dapat membangkitkan rasa cinta tanah air. Keempat, mampu menghasilkan gagasan dan karya yang orisinal, memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. Kelima, belajar dengan sungguh-sungguh sepanjang hayat, serta dapat menjadi teladan, sehingga bermanfaat bagi lingkungan sekitar, masyarakat, bangsa dan negara. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dalam rangka meningkatkan self-regulated learning dan self-efficacy siswa serta mempromosikan profil pemuda pancasila, pendidik hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, peka terhadap kebutuhan siswa, membimbing dan memfasilitasi mereka, memberikan kesempatan untuk kepemimpinan dan memotivasi mereka melalui cerita inspirasional dan metode bermain. Mereka juga harus menciptakan proses pembelajaran dua arah, memperbarui sumber belajar berbasis IT, menyediakan materi yang relevan dan mudah dipahami, menghargai karya siswa, dan menumbuhkan semangat belajar. Untuk menjadi pembelajar Pancasila, siswa harus mengamalkan enam jenis profil pembelajar Pancasila, menerapkan nilai-nilai Pancasila, menanamkan nilai-nilai yang menumbuhkan cinta tanah air, berpikir luwes, belajar sungguh-sungguh sepanjang hayat, dan menjadi teladan.