TEORI DAN IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, SEBUAH REKOMENDASI PENELITIAN
Keywords:
teori, implementasi, CTL, rekomendasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran skeptis penulis tentang implementasi CTL. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan bagi peneliti selanjutnya, betapa perlunya untuk mengembangkan dan menguji suatu model pembelajaran melalui model Penelitian dan Pengembangan terhadap suatu model pembelajaran sebagai implementasi CTL sehingga dapat menurunkankan teori yang logis sebagai langkah-langkah implementasi CTL. Teori juga perlu membedakan antara prinsip, komponen, dan langkah-langkah agar memudahkan praktisi pendidikan dalam mengimplementasikan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian literatur reviw, menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini berupa hasil tinjauan dari hasil penelitian berupa 22 artikel jurnal terindeks goole scolar. Peneliti menemukan bahwa: 1) beberapa artikel mengimpelentasikan CTL tidak mengemukakan langkah-langkah dari CTL: 2) beberapa penulis menyusun sendiri langkah-langkah CTL sebelum implementasi CTL; 3) langkah-langkah yang disusun tidak menggambarkan konsep CTL. Kesimpulan:1) penggunaan istilah prinsip, komponen, dan langkah-langkah dalam CTL masih sering dipertukarkan; 2) belum ada langkah-langkah implementasi CTL yang benar-benar logis yang menggambarkan konsep CTL itu sendiri. Rekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk: 1) Menyusun teori tentang batasan CTL mengenai prinsip, komponen, dan langkah-langkahnya; 2) menyusun langkah-langkah yang logis untuk implementasi CTL; 3) menguji evektivitas langkah-langkah tersebut pada karakter pembelajar, materi, ataupun konteks kehidupan nyata pembelajar yang berbeda.