IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN IPS DI ERA REVOLUSI 4.0
Keywords:
Implementasi GLS, pembelajaran IP, Era Revolusi Industri 4.0Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SD Negeri 1 Gondang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan telaah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 1 Gondang dilaksanakan berdasarkan tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Faktor pendukung yang ada di SD Negeri 1 Gondang yaitu sumber daya manusia yang memadai, sarana dan prasarana yang lengkap baik berupa gedung perpustakaan, buku bacaan, mading, maupun pojok baca,. Selain faktor pendukung ternyata faktor penghambat juga ada seperti rendahnya perhatian orang tua terhadap kegiatan membaca anak serta kebiasaan siswa yang kurang terhadap kegiatan. Peserta didik di lembaga ini memiliki minat baca yang tinggi, tentunya kegiatan GLS yang berlangsung secara konsisten dapat berkembang lebih baik sehingga dalam pembelajaran pun siswa akan terbiasa membaca buku-buku terutama tentang Ilmu Pengetahuan sosial, sehingga dengan hal ini siswa di harapkan mampu menghadapi tantangan dunia penddikan di era revolusi industri 4.0.