Pengembangan Video Animasi dengan Pendekatan TPACK dalam Materi Neraca Energi Menggunakan Software Animiz
Keywords:
animasi, neraca energi, animiz, TPACKAbstract
Dalam perkembangan teknologi dan informasi, kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan di zaman yang selalu berubah. Mengintegrasikan teknologi secara bermakna dalam pembelajaran bukanlah hal mudah, terutama bagi guru. Kombinasi dan interaksi ketiga pengetahuan tersebut membentuk kerangka dari pendekatan Teknologi – Pedagogik –Konten (Technology Pedagogic Content Knowlegde) atau yang sering disebut dengan TPACK. Salah satu aplikasi dari pendekatan TPACK adalah penggunaan media animasi sebagai media pembelajaran. Materi pembelajaran berbasis animasi memberikan keuntungan yang signifikan bagi seorang guru dalam bidang sains, banyak topik dalam sains yang bisa di ilustrasikan dengan animasi. Materi Neraca Energi merupakan aplikasi dari konsep energi yang sangat abstrak. Oleh karena itu perlu dilakukan studi literatur tentang bagaimana cara mengembangkan video animasi untuk materi neraca energi dengan pendekatan TPACK. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan disimpulkan bahwa Animiz dapat digunakan untuk mengembangan video animasi materi neraca energi dengan pendekatan TPAC