Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis tugas autentik untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa SMP
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis tugas autentik yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa SMP. Subjek penelitian adalah perangkat pembelajaran yang diujicobakan pada 32 siswa SMP dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Analisis data deskriptif kuantitatif secara persentase dengan hasil: (a) validasi perangkat ketegori sangat valid dengan modus skor rerata 4 dan percentage of agreement 95,3%; (b) keterlaksanaan pembelajaran sangat baik dengan persentase langkah-langkah pembelajaran minimal 3 dan percentage of agreement 97,4%; (c) respon siswa sangat positif dengan persentase 87,5%; (d) kemampuan kognitif meningkat (kriteria tinggi) dengan rata-rata N-gain 0,73; (e) keterampilan proses sains meningkat (kriteria tinggi) dengan rata-rata N-gain 0,77. Simpulan penelitian ini, bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis tugas autentik yang dikembangkan layak untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa SMP.