Efektivitas penggunaan komik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis
Abstract
Komik merupakan susunan gambar dan dialog antar karakter yang membentuk alur cerita. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan siswa di abad ke 21. Gambar dan dialog dalam komik mengandung berbagai informasi yang dapat dipahami dan dihubungkan sendiri oleh siswa sehingga keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan komik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan sejumlah jurnal yang terkait dengan komik dan keterampilan berpikir kritis sebagai acuannya. Analisis penelitian menerapkan prosedur penelitian studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah komik dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis secara efektif dalam kemampuan kognitif berupa interpretasi, analisis, evaluasi, menyimpulkan, dan menjelaskan, juga dalam disposisi afektif yaitu penasaran, pencari kebenaran dan analitis.