Analisis keterampilan proses sains dengan menerapkan strategi PA-DI (Performance Assessment-Driven Instruction) pada materi optik geometri
Abstract
Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental jenis the non-equivalent control grup design, menggunakan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Baureno dengan 30 siswa pada setiap kelas. Terdapat tujuh keterampilan proses sains yang dinilai yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, merumuskan definisi operasional variabel, mengumpulkan dan menyajikan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Data dikumpulkan menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 27 butir soal yang mencakup materi optik geometri yaitu pemantulan dan pembiasan cahaya. Penerapan strategi PA-DI didapatkan hasil yang positif terhadap keterampilan proses sains. Ditemukan bahwa keterampilan proses sains yang dikuasai siswa dengan kategori baik adalah mengidentifikasi variabel, sedangkan keterampilan proses sains yang dikuasai siswa terendah adalah menganalisis data. Secara keseluruhan strategi PA-DI dapat melatihkan keterampilan proses sains.