Upaya membangkitkan kreativitas dan motivasi berprestasi mahasiswa calon guru fisika dengan pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) melalui Mindmap

Authors

  • Agus Rohman STKIP Al Hikmah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Trise Nurul Ain STKIP Al Hikmah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • H A Cahyo STKIP Al Hikmah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode mindmap melalui pembelajaran ARCS untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi berprestasi mahasiswa. Untuk mencapai tujuan, digunakan pretes-postes. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru fisika kampus swasta di Surabaya sebanyak 6 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain pra eksperimen sehingga pada penelitian ini hanya mengggunakan kelas eksperimen saja tanpa ada kelas kontrol dan kelas pembanding. Rancangan yang digunakan adalah one shot case study. Indikator kreativitas yang diteliti adalah kelancaran, keluwesan, keaslian, dan penguraian, sedangkan indikator motivasi berprestasi adalah keinginan, dorongan, cita-cita, penghargaan dalam belajar, semangat, dan lingkungan yang kondusif. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa rata-rata kreativitas mahasiswa calon guru sebesar 59,45 berkategori cukup, sedangkan rata-rata motivasi berprestasi mahasiswa calon guru sebesar 77,03 berkategori baik. Metode mindmap melalui pembelajaran ARCS dapat membangkitkan kreativitas dan motivasi berprestasi mahasiswa.

Downloads

Published

2025-06-12