Analisis eksplanasi ilmiah listrik stastis siswa SMP dari perspektif bahasa dalam pengembangan literasi sains

Authors

  • Indra Budiman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • E S Yanto Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang pemahaman konsep listrik statis peserta didik SMP yang dinyatakan dalam bentuk teks eksplanasi ilmiah dari sudut pandang linguistik, untuk pengembangan kompetensi literasi sains yaitu eksplanasi fenomena secara ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis deskriptif difokuskan pada fenomena eksplanasi ilmiah berbentuk teks yang dibuat oleh peserta didik SMP melalui lembar kerja (worksheet) dalam pembelajaran listrik statis sehingga dapat mengetahui kompetensi literasi sainsnya. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 9, di SMP Negeri di Kabupaten Purwakarta. Eksplanasi ilmiah berbentuk teks yang dibuat peserta didik tersebut dianalisis dengan dengan cara mengkaji lexicogrammar melalui analisis kategori dari kerangka Systemic Functional Linguistic (SFL). Sumber data yang lain adalah hasil wawancara (think a loaded protocol) dan observasi kelas yang dijadikan pembanding dalam triangulasi eksternal. Analisis kami mengidentifikasi aspek-aspek spesifik bahasa yang dibutuhkan siswa agar sesuai untuk mengungkapkan pemahaman tentang listrik statis yang sejalan dengan perspektif ilmiah, dan kompetensi literasi sains masih cenderung menjelaskan isi materi (content Knowledge). Implikasi dari penelitian ini diharapkan guru dapat membantu siswa dalam mengatasi tantangan linguistik dalam menjelaskan listrik statis, dan pengembangan kompetensi literasi sains lainnya yaitu procedural knowledge dan epistemic knowledge.

Downloads

Published

2025-06-12