lntegrasi pendidikan sains-religi di sekolah-sekolah islam Lamongan

Authors

  • Nahdia Rupawanti Basuki Raharjo Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Lamongan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran pendidikan sains – religi yang terintegrasi terlaksana di sekolah – sekolah islam Lamongan. Proses pembelajaran pendidikan sains – religi yang terintegrasi sendiri meliputi model pembelajaran digunakan serta kegiatan yang dilakukan oleh guru serta siswa selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih lima bulan dengan menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi video etnografi di kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Babat dan SMP Empat Lima Babat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar yang sering digunakan guru adalah ceramah, demontrasi, dan diskusi. Dari hasil observasi juga diketahui bahwa selama proses pembelajaran berlangsung baik guru maupun siswa telah berusaha untuk menyisipkan nilai – nilai agama disetiap aktivitas di kelas namun tidak secara tertulis. Walaupun memiliki latar belakang sosial ekonomi yang beragam sebagian besar siswa memberikan respon positif tentang adanya sains yang terintegrasi dengan nilai – nilai agama.

Downloads

Published

2025-06-12