Pengaruh strategi PODEW dengan analogi terhadap konsepsi alternatif siswa pada materi Hukum Newton di SMA Negeri 1 Pademawu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi PODEW dengan analogi terhadap konsepsi alternatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method follow-up explanations model. Untuk menguji signifikansi perbedaan konsepsi alternatif siswa menggunakan Ancova dilanjutkan dengan perhitungan N-Gain dan effect size untuk mengetahui penurunan konsepsi alternatif siswa. Temuan pada hasil kuantitatif ditindaklanjuti dengan wawancara kepada siswa yang terpilih. Hasil uji Ancova menunjukkan ada perbedaan konsepsi alternatif siswa antara kelompok siswa yang belajar melalui strategi PODEW dengan analogi dan siswa yang belajar melalui strategi PODEW tanpa analogi. Skor N-Gain sebesar 0,64 pada kelas eksperimen dan 0,48 pada kelas kontrol dengan level penurunan kategori sedang. Perubahan jumlah siswa yang memiliki konsepsi alternatif menjadi pengetahuan ilmiah atau pemahaman lengkap lebih banyak pada kelas eksperimen walaupun ada temuan lain siswa yang berubah dari pengetahuan ilmiah menjadi konsepsi alternatif. Hasil ini menunjukkan bahwa masih diperlukan penelitian lanjutan tentang konsepsi alternatif siswa pada materi hukum Newton.