Efektifitas pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET disamping pelaksanaan lab riil untuk melatihkan keterampilan proses sains
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifitasan pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains . Mengamati , mengklarifikasi dan mengkomunikasi merupakan ketiga indikator yang ingin dicapai dari keterampilan proses sains yang diharapkan . Sikap ilmiah dan keterampilan proses sains dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik , pengalaman belajar itu ditekankan dengan proses pembelajaran secara langsung , hal tersebut bertujuan untuk memahami konsep dan mampu memecahkan masalah ilmiah. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan metode penelusuran pustaka . Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui data sekunder . Statistik deskriptif dan korelasi digunakan sebagai analisis data . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran fisika dengan melakukan praktikum berbatuan media PhET sangat efektif dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa hal itu ditunjukkan denga adanya respons positif dari siswa.