Profil keterampilan self-regulated thinking siswa pada pembelajaran inkuiri pictorial riddle
Abstract
Self regulated thinking merupakan keterampilan untuk membentuk motivasi dan pengaturan diri dalam mencapai tujuan peserta didik. Keterampilan self regulated thinking dapat dilatihkan melalui pictorial riddle yang menekankan keterampilan berpikir. Pictorial riddle merupakan teknik inkuiri berupa gambar, peragaan maupun situasi yang sesungguhnya yang dapat mengembangkan motivasi dan minat siswa dalam diskusi dan memberikan kesempatan siswa untuk memecahkan masalah. Keterampilan self regulated thinking diajarkan dengan model inkuiri. Penelitian ini untuk mengetahui profil keterampilan self regulated thinking pada pembelajaran inkuiri pictorial riddle. Desain pre-experimental bentuk one group pretest posttest design diterapkan pada sampel yang terdiri dari tiga kelas. Keterampilan self regulated thinking yang dilatihkan antara lain menyadari pemikirannya sendiri, membuat rencana yang efektif, menyadari dan menggunakan informasi yang dianggap berguna, peka terhadap umpan balik dan mengevaluasi keefektifan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan self regulated thinking dapat dilatihkan dengan rata-rata baik dan terjadi peningkatan skor rata-rata keterampilan self regulated thinking pada kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 masing-masing 53.64, 53.86, dan 60.40 yang termasuk dalam kategori cukup baik.