Efektivitas lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains
Abstract
Lembar kegiatan siswa adalah bahan ajar berupa lembaran-lembaran yang berisi ringkasan materi, kegiatan percobaan, dan soal-soal pemahaman. Keterampilan proses sains dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Keterampilan proses sains dapat dilatihkan melalui lembar kerja siswa karena siswa dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa dapat menemukan konsep sesuai pemahaman yang diperoleh. Keterampilan proses sains yang diterapkan adalah mengamati, mengelompokkan, hipotesis, melaksanakan percobaan, dan menerapkan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah kualitatif deskriptif dengan mengacu beberapa jurnal yang berkaitan dengan lembar kerja siswa, penemuan terbimbing, dan keterampilan proses sains. Analisis penelitian yang digunakan adalah dengan prosedur penelitian studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains.