Efektivitas penggunaan E-Modul berbasis flipped classroom untuk melatih keterampilan berpikir kritis
Abstract
Flipped classroom dapat diartikan sebagai model pembelajaran terbalik dimana pembelajaran dapat dilakukan di luar kelas dan pada pembelajaran di dalam kelas, peserta didik hanya mengerjakan tugas atau berdiskusi mengenai materi yang belum dipahami. Media yang dapat digunakan adalah E-Modul yaitu sebuah seumber atau panduan belajar dalam bentuk elektronik. Penggunaan E-Modul berbasis flipped classroom dapat mempengaruhi peserta didik untuk belajar dengan mandiri sehingga dapat melatih keterampilan berpikir kritis, sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan penggunaan E-Modul berbasis flipped classroom untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Aspek keterampilan berpikir kritis yang ditetapkan interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan, dan pengaturan diri. Penelitian menggunakan metode penelusuran pustaka dengan subjek penelitian sejumlah jurnal yang terkait. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Analisis data menggunakan data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-Modul dapat dikatakan berkualitas baik, akan tetapi perlu dikembangkan lagi, 2) setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media E-Modul berbasis flipped classroom, keterampilan berpikir kritis siswa dapat dikatakan efektif dan memiliki nilai tinggi, 3) respon atau tanggapan siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis flipped classroom ini dapat diterima dengan baik oleh siswa dan bernilai positif.